Connect with us

Nasional

Sutopo Tutup Usia, Sang Anak Ungkap Kondisi Terakhir

Published

on

Anak Sutopo Sebut Kesehatan Sang Ayah Sempat Membaik Sebelum Meninggal (Merdeka.com)

Geosiar.com, Jakarta – Sutopo Purwo Nugroho tutup usia setelah berjuang melawan kanker paru-paru stadium 4B pada Minggu (7/7/2019).

Anak Sutopo Purwo Nugroho, Ivanka Rizaldy, menceritakan tentang kondisi sang ayah sebelum mengembuskan napas terakhirnya. Ia mengatakan kondisi Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB itu sempat membaik.

“Ini sangat menyedihkan buat kami. Kami sangat berduka karena selama kemarin berobat ke China banyak kemajuan,” ungkap anak Sutopo, Ivanka di rumah duka, Raffles Hills, Cimanggis, Depok, Minggu (7/7/2019).

Saat dirawat di China, Sutopo sudah sempat bisa kembali berjalan bahkan melakukan video call dengan Ivanka. Akan tetapi kondisi Sutopo sempat drop karena sakit flu.

“Pak Sutopo sudah bisa jalan, bisa ngomong, bahkan kemarin pagi sempat vidcall sama saya. Cuma kemarin sempat agak drop karena flu terus dikabarkan oleh mama, dokter juga ngasih obat yang ada adrenalinnya,” jelasnya.

Ivanka mengungkapkan obat yang dikonsumsi membuat ayahnya tidak dapat beristirahat. Lalu tiba-tiba dia mendapat kabar bahwasanya ayahnya meninggal.

“Kami sangat berduka, semoga Pak Topo tidak lagi merasa sakit dan ditempatkan di tempat yang lebih bagus,” ujar Ivanka.

Sutopo tutup usia di Guangzhou, China, pada Minggu dini hari, pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo meninggal usai berjuang melawan kanker paru-paru. Ia didiagnosis pada sekitar awal Desember 2017.