Connect with us

Sumut

Tanam Pohon di Semarang, Walikota Medan Komit Peduli Lingkungan

Published

on

Tanam Pohon di Semarang, Walikota Medan Berkomitmen Peduli Lingkungan

Semarang, Geosiar.com – Sebagai wujud kepedulian mendukung menjaga kelestarian lingkungan. Walikota Medan Medan Drs Dzulmi Eldin menanam pohon di Semarang. Pohon yang ditanam yakni Manggis merupakan tanaman khas dari daerah.

Penanaman pohon dirangkai dengan kegiatan pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Semarang yang berlangsung 2-6/7/2019.
Selain penanaman pohon, acara juga diisi dengan diskusi, Indonesia Expo City dan pawai budaya.Khusus aksi penanaman pohon ini dilakukan di Hutan Wisata Tinjomoyo, Kota Semarang, Kamis (4/7/2019) pagi.

Usai penanaman pohon dilakukan, Wali Kota berharap dapat menambah keanekaragaman jenis tanaman hayati yang ada di hutan kota terbesar di Kota Semarang dimana dulunya merupakan kebun binatang dengan luas sekitar 57 hektar tersebut. Dikatakan Wali Kota, aksi penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah kota untuk peduli lingkungan.

“Melalui aksi penanaman pohon ini nantinya diharapkan dapat diteruskan dengan memperbanyak ruag terbuka hijau di kota masing-masing, termasuk di Kota Medan. Pemko Medan sendiri saat ini tengah berupaya memperbanyak ruang terbuka hijau. Selain membantu menambah cadangan air tanah, kehadiran ruang terbuka hijau juga  dapat mengurangi polusi udara,”  kata Wali Kota.

Kemudian Wali Kota menjelaskan, dipilihnya pohon manggis untuk ditanam, selain pohonnya cukup kuat dan memiliki ketinggian 7 sampai 25 meter, daun pohon manggis juga sangat rindang sehingga sangat layak menjadi pohon penghijauan sekaligus mewujudkan Medan go Greeen .  “ Di samping itu pohon manggis bjuga memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan,” jelasnya.

Penanaman pohon dilakukan Wali Kota didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Medan  Khairul Syahnan, Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni, Kadis Pertanian dan Perikanan Ikhsar Lubis, Kadis Perdagangan Damikrot serta Kabag Hubungan Kerjasama  (Hakda) M Rivai Nasution. (lamru)