Connect with us

Politik

Ma’ruf Amin: Terkait Menteri Dibahas Pertengahan Juli

Published

on

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Presiden terpilih KH Maruf Amin (Kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Wakil presiden atau wapres terpilih, Ma’ruf Amin, menyebut, pembahasan mengenai struktur kabinet pemerintah ke depan antara dirinya dan Joko Widodo atau Jokowi belum dilakukan. Pembicaraan baru akan dilakukan saat pertengahan bulan Juli.

“Pak Jokowi bilang pertengahan Juli baru mulai,” ungkapnya ketika menemui Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Ma’ruf menuturkan, dia dan Jokowi bakal memilih calon menteri dari sejumlah latar belakang, baik disisi politikus ataupun profesional. Meski begitu, ia enggan menyebut siapa saja kandidat yang akan membantunya di kabinet ke depannya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga enggan buka suara soal jumlah kementerian di kabinet pemerintah apakah tetap 34 sesuai batas maksimal undang-undang atau akan berkurang.

“Jumlahnya belum, apalagi orangnya. orangnya tambah belum,” tuturnya.

Sementara Wapres Jusuf Kalla atau JK mengatakan tidak ada pembahasan mengenai calon menteri antara dia dan Ma’ruf. Menurutnya, hal ini merupakan ranah pribadi antara Ma’ruf dan Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengatakan pembahasan tentang menteri baru akan dilaksanakan pada pertengahan Juli. Ia mengungkap pembahasan tentang jatah menteri ini biasanya akan dilakukan antara Jokowi dan masing-masing ketua umum partai pendukung secara empat mata.