Connect with us

Dunia

HUT AS Ke-243, Donald Trump Tetap Pidato Meski Hujan

Published

on

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berpidato di balik kaca anti peluru saat perayaan HUT Amerika Serikat ke- 243, Kamis (4/7/2019). (Foto: AFP/Brendan Smialowski)

Geosiar.com, Washington DC – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Amerika Serikat ke-243 yang jatuh pada Kamis, 4 Juli 2019 yang diselenggarakan di Lincoln Memorial, Washington DC dibarengi dengan guyuran hujan cukup lebat.

Kendati demikian, hujan tak serta merta menghalangi rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk berpidato dalam peringatan hari kemerdekaan negara itu. Ia pun berpidato dengan durasi 45 menit di balik pagar kaca anti peluru yang berembun akibat hujan.

Seperti dilansir dari CNN, Jumat (5/7/2019), Trump secara berulang kali memperlihatkan kepercayaan diri tinggi atas negara yang dipimpinnya. Misalnya ia menyebut AS merupakan “negara yang paling luar biasa dalam sejarah dunia”.

Naskah pidato Trump yang berjudul “Salute to America” pada dasarnya bernada patriotik. Akan tetapi ketika Presiden AS ke-45 itu membacakannya, naskah itu justru terdengar apolitis.

“Saat ini, negara kita lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan yang terkuat,” ucap Trump dengan berapi-api saat pidato peringatan HUT kemerdekaan AS, Kamis (4/7/2019).

Selain itu, Trump turut memberi pujian kepada setiap cabang militer AS, seperti angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, marinir hingga penjaga pantai.

“Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Penjaga Pantai, Marinir, terima kasih atas jasa Anda sekalian,” puji Trump.

Tak hanya itu, ucapaan Trump sangat dipenuhi dengan referensi sejarah, mulai dari Thomas Jefferson ke George Washington ke Abraham Lincoln. Kemudian, Thomas Edison, Alexander Graham Bell, Wright Brothers, dan Clara Barton.

Pada akhir pidato, Trump menyerukan nada persatuan dengan mengatakan “Kami tidak akan pernah lupa bahwa kami adalah orang Amerika dan masa depan adalah milik kami. Masa depan adalah milik yang berani, yang kuat, yang percaya diri, dan yang bebas. Kami adalah satu bangsa (yang) mengejar satu mimpi dan satu takdir indah.”

Tak hanya menyombongkan AS dalam pidato, Trump juga memamerkan tank-tank tempur berlapis baja, Bradley untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan AS yang dikenal sebagai ‘Fourth of July’.