Connect with us

Kesehatan

Coba 3 Tips Ini untuk Cegah Alergi Udara Dingin

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Alergi udara dingin biasanya ditandai dengan kulit yang memerah, terasa hangat dan terkadang gatal. Bagian tubuh yang mengalami kontak langsung dengan udara dingin juga pada umumnya akan langsung bereaksi menjadi bengkak.

Gejala alergi udara dingin yang dialami setiap orang dapat berbeda-beda. Pada tingkat yang lebih ekstrem gejalanya bisa sampai membuat jantung berdebar, kesulitan bernapas hingga pingsan.

Mengobati alergi udara dingin secara seutuhnya mungkin tidaklah gampang. Namun ada sejumlah tips yang dapat dicoba untuk mencegah alergi udara dingin. Selengkapnya, langsung saja kita simak infonya di sini seperti dikutip dari fimela.

Menghindari Pemicunya

Cara pertama untuk terhindar alergi udara dingin yakni dengan menghindarinya. Pahami betul pemicu alergi kita dan usahakan untuk selalu menghindarinya. Bila terpaksa beraktivitas di tengah udara dingin, lindungi diri dengan baju tebal dan hangat.

Gunakan pula jaket, syal, kaos kaki, dan sarung tangan bila perlu.

Mengonsumsi Obat

Dikutip dari alodokter.com, obat yang dapat dikonsumsi untuk meredakan gejala alergi dingin ialah obat antihistamin. Obat yang biasanya diberikan untuk meredakan gejala alergi dingin adalah cetirizine, loratadine, atau desloratadine.

Pastikan pula terlebih dahulu untuk konsultasi ke doktersebelum mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan gejala udara dingin ini.

Hindari Makanan dan Minuman Dingin

Makanan dan minuman yang terlalu dingin juga perlu dihindari. Demi mencegah terjadinya pembengkakan pada tenggorokan yang dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pernapasan.

Alergi udara dingin memiliki reaksi yang berbeda-beda. Bila kondisinya parah dan mengkhawatirkan, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.