Connect with us

Politik

Besok, KPU Bakal Serahkan Jawaban Gugatan Pileg ke MK

Published

on

Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik

Geosiar.com, Jakarta – KPU dijadwalkan akan menyerahkan jawaban gugatan hasil pemilu legislatif (pileg) ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada esok hari, Jumat (5/7/2019).

“Jawaban gugatan pileg di MK kita serahkan tanggal 5 Juli,” ungkap komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik di Hotel Grand Mercure, Jl Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Evi menyebut, hari ini KPUD provinsi dan tim hukum sedang menyelesaikan pengumpulan bukti dan dokumen. Menurut Evi, penyerahan ini nantinya akan dilakukan langsung oleh KPU RI.

“Hari ini dirampungkan pengumpulan dokumen bukti dan jawaban,” ujar Evi.

“Nanti KPU RI yang serahkan, jawaban beserta bukti-buktinya,” tambahnya.

Seperti diketahui, MK telah menerima sebanyak 340 permohonan gugatan Pileg 2019. Dari jumlah tersebut, hanya 260 perkara yang diregistrasi MK dan akan disidangkan.

“MK menerima permohonan 340 untuk pileg. DPD-nya pokoknya 10. 330 DPR/DPRD-nya. 330 itu permohonan yang diterima atau diajukan oleh partai politik. Nah dalam registrasi yang dilakukan, itu dari 340 itu menjadi 260 perkara yang diregistrasi,” ungkap juru bicara MK Fajar Laksono di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019 lalu).