Connect with us

Dunia

Viral, Muslimah Asal Semarang Jabat Tangan Paus Fransiskus di Vatikan

Published

on

Dewi Kartika Maharani Praswida, perempuan asal Indonesia saat bersalaman dan berdialog dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Roma, 26 Juni 2019(Foto: Facebook)

Geosiar.com, Vatikan – Foto seorang wanita muslimah asal Kota Semarang, Jawa Tengah, Dewi Kartika Maharani Praswida, mendadak viral di media sosial ketika tengah berjabat tangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus.

Ia berkesempatan bertemu dan bersalaman dengan Paus Fransiskus di Lapangan Santo Peter, Vatikan pada Rabu, 26 Juni 2019. Selain bersalaman, Dewi mengakui sempat berdialog tentang kerukunan umat beragama dengan Paus Fransiskus.

Dewi yang merupakan seorang mahasiswi program magister di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang itu, mengaku tak menyangka fotonya yang tengah bersalaman dengan Sri Paus tersebut viral di media sosial dan mendapat pujian dari banyak warganet.

“Kesannya luar biasa. Saya hanya orang kampung dan bukan siapa-siapa, tapi bertemu dan berjabat tangan dengan pemimpin umat Katolik Roma seluruh dunia. Jangankan ketemu Paus, mimpi ke Vatikan saja tidak,” tutur Dewi saat dikonfirmasi, Selasa (2/7/2019).

Salah satu pengguna Facebook bernama Iman Santoso yang dilihat Geosiar.com, Rabu (3/7/2019) membagikan foto salaman tersebut dengan menambah keterangan foto di akun pribadinya.

”Foto ini mendadak viral. Perjumpaan sederhana yang tak biasa. Sebab tak seperti foto antarumat Katolik dan pemimpinnya, foto ini jadi terlihat istimewa. Foto seorang muslimah dari negeri dengan mayoritas berpenduduk muslim dan pemimpin miliaran umat Katolik dunia,” tulisnya.

Selain itu, dia juga menegaskan soal identitas Dewi yang merupakan aktivis Gusdurian dari Jawa Tengah adalah wujud dari harmonisasi kehidupan antarumat beragama meski berbeda secara kepercayaan.

”Dewi yang merupakan aktivis Gusdurian dari Jawa Tengah membawa wajah rahmat semesta alam pada Bapa Suci dan begitu sebaliknya ia mendapatkan senyum kasih untuk uluran tangan persaudaraannya. Betapa indah.” tandasnya.

Sementara itu, Dewi sendiri menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi masyarakat terkait perjumpaannya dengan Sri Paus Fransiskus lewat akun Facebook miliknya.

”Terima kasih banyak untuk antusiasme teman-teman terhadap foto pertemuan saya dengan Paus Fransiskus. Harapan saya, semoga menyebarnya foto tersebut dapat membuka wawasan kita bahwa perbedaan iman bukanlah sekat untuk tidak bersaudara,” tulis Dewi.