Connect with us

Politik

Hadapi Sengketa Pileg di MK, KPU Siapkan 5 Kuasa Hukum

Published

on

Arief Budiman ketua KPU RI

Geosiar.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang menyiapkan jawaban untuk 260 sengketa pemilu legislatif (pileg) yang akan disidangkan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam sengketa pileg ini KPU menyatakan akan menyiapkan sebanyak lima kuasa hukum.

“Ada lima kuasa hukum,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Arief mengatakan MK membagi 260 perkara itu sesuai partai politiknya. Karena itu KPU juga menata jawaban perkara sesuai jumlah partai. Nantinya partai-partai itu dibagi kepada lima kuasa hukum yang disiapkan KPU.

“Satu sengketa per partai bisa saja terdiri dari beberapa daerah. Misalnya partai A mengajukan sengketa di daerah A dan B, maka KPU provinsi harus bersama-sama di tim kuasa hukum,” jelas Arief.

Permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pileg awalnya berjumlah 340 perkara. Akan tetapi hanya 260 perkara uang diregister oleh MK untuk dilanjutkan ke persidangan.

Sidang pendahuluan sengketa pileg rencananya akan digelar oleh MK pada 9-12 Juli 2019. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan sidang pemeriksaan pada 15-30 Juli 2019. Terakhir, pembacaan putusan hasil sengketa pileg dijadwalkan pada 6-9 Agustus 2019 mendatang.