Connect with us

Sumut

Residivis Pencuri Toko Milik Anggota Dewan Dihukum 3 Tahun Penjara

Published

on

Ilustrasi kasus pencurian. (Foto: ist)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Pengadilan Negeri (PN) Tebing Tinggi menjatuhkan hukuman 3 tahun penjara terhadap seorang residivis pencuri bernama Zainuddin alias Udin dalam persidangan yang digelar hari ini, Selasa (2/7/2019).

Putusan tersebut disahkan oleh Majelis Hakim yang diketuai Sangkot Tobing SH karena terbukti bersalah atas kasus pencurian di toko milik istri anggota DPRD Tebing Tinggi bernama Nurmanda Harahap. Sebelumnya, Jaksa menuntut terdakwa dengan hukuman 4 tahun penjara, sebab terdakwa sudah 3 kali menjalani hukuman terkait kasus kriminal.

Peristiwa pencurian terjadi pada Kamis (4/4/2019) di sebuah toko PS elektronik milik istri anggota DPRD Tebing Tinggi yang berlokasi di Jalan Iskandar Muda No 79 Lingkungan I Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Tebing Tinggi.

Kronologi kejadian berlangsung sekitar pukul 02.30 WIB. Saat itu terdakwa baru membeli nasi dan hendak menuju warnet dengan berjalan kaki. Namun, ketika melintasi sebuah gedung TK Swadaya, terdakwa dipanggil oleh seseorang bernama Adek (DPO). Adek pun mengajak terdakwa untuk mengambil barang-barang yang ada di toko PS elektronik tersebut. Lantas, kedua pelaku melakukan aksi pencurian lewat belakang toko.

Terdakwa masuk dari jendela belakang toko dengan memanjat sebuah pohon terlebih dulu. Kemudian mengambil barang-barang yang ada di dalam toko dan di masukkan ke dalam goni yang memang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Setelah itu, pelaku membawa hasil curian ke arah Masjid Keling yang berada di Jalan Ahmad Yani Kota Tebing Tinggi. Barang-barang curian tersebut pun diangkut dengan menggunakan 1 (satu) unit becak bermotor menuju daerah Batu Lima, tepatnya di areal perkebunan karet.

Atas kasus pencurian itu, terdakwa diadili sebagaimana diatur dan diancam pidana dengan Pasal 363  ayat (1) KUHPidana. (ahs)

Terdakwa Residivis bernama Zainuddin alias Udin dalam persidangan yang digelar di PN Tebing Tinggi, Selasa (2/7/2019). (Foto: ahs/Geosiar.com)