Connect with us

Sumut

DBD Meningkat, Ketua GM-FKPPI Minta Dinkes Tebingtinggi Proaktif Tanggulangi Wabah

Published

on

Ilustrasi Wabah Penyakit DBD.

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (GM-FKPPI) PC 0204 Tebing Tinggi, Fery Tarigan meminta Dinas Kesehatan (Denkes) Kota Tebing Tinggi lebih serius dalam menangani kasus Demam Berdarah atau Demam Dengue (DBD) yang makin merajalela. Hal itu disampaikan Fery lantaran virus DBD ini sudah menelan korban jiwa, khusunya anak-anak.

“Sepertinya Dinkes Tebing Tinggi tidak ada menanggapi hal ini, di mana beberapa hari yang lalu sudah ada anak-anak yang menjadi korban meninggal dunia, ada juga dirawat di RS akibat gigitan nyamuk DBD, tapi sampai sekarang belum juga ada penanganan yang serius dari pihak Dinkes Kota Tebing Tinggi,” ucap Fery Tarigan kepada media Geosiar.com, Senin (1/7/2019).

Oleh karena itu, Fery berharap Dinkes segera menangani penularan wabah DBD, secara khusus yang lagi intens menyerang di Komplek Asrama Kodim 0204/DS. Sebab, warga merasa takut apabila tak segera ditangani, maka penyakit ini semakin banyak memakan korban jiwa.

“Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tebing Tinggi kami minta untuk segera dan serius menangani penularan penyakit DBD yang terjadi saat ini, di Komplek Asrama Kodim 0204/DS sehingga tidak bertambah korban lagi. Kalau ini tidak ditangani secepat mungkin, saya yakin korban akan terus bertambah,” harap Fery.

Lebih lanjut, Fery menyarankan agar Dinkes segera turun ke lapangan untuk melakukan pemetaan pada daerah-daerah yang tergolong rawan terserang wabah DBD. Selain itu, ia juga berharap pemerintah kota (Pemkot) mampu menindak tegas Dinkes dan pihak terkait lainnya bila kasus ini tidak segera ditindak lanjuti.

“Harus ada upaya yang tepat untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit ini, seperti melakukan fogging. Jangan permasalahan sampai tidak diindahkan oleh pihak Dinkes. Kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi , kami juga berharap agar menindak tegas Dinkes apabila permasalahan ini tidak segera ditindak lanjuti.” tutup Fery.

Sejauh ini, korban gigitan nyamuk DBD di Komplek Asrama Kodim 0204/DS Jalan Kesatria Kota Tebing Tinggi sudah bertambah 3 orang. Saat ini korban menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi.

Adapun korban yang dirawat di RS Bhayangkara Tebing Tinggi, yakni Younis Sinaga (18), Denis (14), Fadil (9) yang merupakan warga Komplek Asrama Kodim 0204/DS, Jalan Kesatria Kota Tebing Tinggi.