Connect with us

Nasional

TNI AU Bantu Pencarian Helikopter MI-17 Milik AD

Published

on

Geosiar.com, Jayapura – TNI Angkatan Udara (AU) mengirim empat personel untuk membantu proses pencarian Helikopter MI-17 dengan Nomor Registrasi HA-5138 milik Penerbad TNI Angkatan Darat (AD) yang hilang kontak sejak Jumat (28/6/2019).

Empat personel tersebut berangkat dari Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura menuju Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI, Ir Tri Bowo Budi Santoso. Ia menyampaikan, keempat personel tersebut berangkat sekitar pukul 10.37 WIT dengan menggunakan pesawat terbang CN-235.

“Mereka berangkat membawa 10 drum avtur guna dukungan operasional penerbangan dalam pencarian Helikopter MI HA-5138 yang hilang kontak,” tutur Bowo melalui sambungan telepon seluler dari Kota Jayapura, Papua, Sabtu (29/6/2019).

Bowo menjelaskan bahwa empat personel yang dikirim itu akan stand by di bandara Oksibil guna mendukung operasional penerbangan dalam misi pencarian helikopter.

“Mereka akan stand by di bandara Oksibil selama proses pencarian,” tambahnya.

Seperti diberitakan, helikopter MI-17 milik TNI AD hilang kontak saat melaksanakan misi penerbangan dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang menuju Bandara Sentani Jayapura pada Jumat (28/6/2019) sekitar pukul 11.49 WIT.

“Petugas menerima kontak terakhir dengan heli <I-17 pada pukul 11.49 WIT. Saat itu helikopter berada di ketinggian 7.800 kaki, 6 mil laut ke utara,” kata Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf M Aidi, Jumat (28/6/2019).

Kabarnya, helikopter tersebut membawa 12 orang yang terdiri dari 7 kru dan 5 orang personel Satgas Yonif 725/Wrg yang akan melaksanakan pergantian pos. Adapun nama-nama awak helikopter tersebut yakni Kapten CPN Aris (pilot), Lettu CPN Bambang (pilot), Lettu CPN Ahwar (co pilot), Serka Suriyatna, Serda Dita, Praka Dwi Purnomo dan Pratu Aharul.

Sementara penumpang yang merupakan anggota Yonif 725/WRG yakni Serda Ikrar Setya Nainggolan, Pratu Yanuarius Loe, Pratu Risno, Prada Sujono Kaimuddin dan Prada Tegar Hadi Sentana.