Connect with us

Sumut

Warga Sergai Minta Kades Tegaskan Soal Pembuangan Sampah Sembarangan

Published

on

Pembuangan sampah di Jalan lintas menuju dusun Barisan Panjang Desa Gelam Sei Serumah Kec. Bandar Khalifah, Kab. Sergai, Jumat (28/6/2019) (WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Warga Dusun Barisan Panjang, Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) meminta Kepala Desa atau Kades agar bersikap tegas kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Juga kotoran lembu di pinggir jalan utama menuju ke Dusun Barisan Panjang.

Menurut keterangan D. Sinaga (39) salah satu warga dusun barisan panjang pada Geosiar.com mengatakan bahwa hal ini sempat dilaporkan ke Pemerintahan Desa pada tahun lalu. Sempat pula tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah dilokasi ini. Namun beberapa bulan kemudian hingga kini, masyarakat kembali lagi membuang sampah.

“Sempat tidak ada masyarakat yang membuang sampah. Tapi beberapa bulan kemudian sampai sekarang kembali lagi, dan yang parahnya lagi kotoran lembu juga ikut dibuang dipinggir jalan,” keluh Sinaga, Jumat (28/6/2019).

“Kami masyarakat Dusun Barisan Panjang sangat berharap ke Pemerintahan Desa, khususnya Kepala Desa Gelam Sei Serimah untuk segera bertindak dalam hal ini, dimana kalau tidak secepatnya ini di tangani Kepala Desa, kemungkinan besar warga Dusun Barisan Panjang yang berjumlah kurang lebih 150 KK akan bertindak,” ungkapnya.

Sinaga mengatakam bahwa warga yang membuang sampah ke lokasi pinggir jalan datangnya dari dusun lain. Ia sebagai perwakilan masyarakat Dusun Barisan Panjang mengeluhkan adanya aroma tidak enak dari sampah tersebut.

Hal bersamaan juga disampaikan M.Silalahi (45) yang mengusulkan Pemerintahan Desa menggelar rapat lintas stakeholder/pemangku kepentingan seperti pengusaha, ormas, akademisi, tokoh masyarakat, aktivis lingkungan/kesehatan dan pihak lain untuk membahas solusi permasalahan sampah khususnya di Desa Gelam Sei Serimah.

“Dimana Program LOSARI (Lobang Sampah Sendiri) yang dibuat Pemerintah Kabupaten Sergai dapat diketahui dan dimengerti oleh masyarakat, apalagi saat ini Pemkab Sergai sedang digiatkan pengelolaan sampah untuk menjamin lingkungan bersih dan sehat,” ucap Silalahi. (WH)