Connect with us

pemilu 2019

Siang Ini MK Gelar Sidang Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

Published

on

Suasana di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (26/6/2019). (Foto: merdeka.com)

Geosiar.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) bakal menggelar sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2019 hari ini, Kamis (27/6/2019) pukul 12.30 WIB. Pembacaan putusan ini dipercepat sehari dari sebelumnya yang dijadwalkan pada Jumat, 28 Juni 2019.

Perubahaan jadwal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono dalam keterangan resmi pada Senin (24/6/2019) kemarin.

“Berdasarkan keputusan rapat permusyawaratan hakim (RPH) hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB,” ujar Fajar Laksono.

Terkait perubahan jadwal tersebut, Fajar menyampaikan bahwa pihak MK telah memberitahukan kepada seluruh pihak terkait supaya bisa menghadiri sidang putusan pada 27 Juni.

“Surat panggilan sidang kepada para pihak sudah disampaikan,” sambung Fajar.

Seperti diketahui, MK telah menggelar lima kali sidang yang beragendakan pemeriksaan perkara, yakni pembacaan dalil pemohon, pembacaan dalil termohon dan pihak terkait, pemeriksaan saksi pemohon, termohon, serta pihak terkait dan pemberi keterangan. Sidang tersebut telah dimulai sejak Jumat, 14-21 Juni 2019.

Dalam kasus ini, pihak pemohon adalah pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan termohon adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sementara, pihak terkait adalah paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sedangkan pihak pemberi keterangan yaitu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).