Connect with us

Lifestyle

Ibu Harus Pahami Ini saat Bayi Menangis

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sebagian besar bahkan semua orang yang baru menjadi ibu kebingungan menghadapi bayinya yang sedang menangis. Pernyataan tersebut menurut spesialis anak dari RSAB Harapan kita, dr Lucia Nauli Simbolon, SpA.

“Bukan hanya satu tetapi semua pasien kontrol habis melahirkan bingung bayinya menangis. Mereka cenderung menyusui bayi,” ungkapnya.

Menangis adalah satu-satunya bahasa bayi yang menandakan banyak hal, biasanya saat si bayi merasa lapar, ingin buang air, merasa tak nyaman, dan sebagainya.

“Kita harus tahu bahasa bayi dulu. Biasanya 3-6 bulan pertama kita belajar bayi nangis maunya apa. Kita hanya tahu dia menangis karena lapar sehingga disusui terus,” tutur Lucia.

Ketika usia bayi bertambah, perlahan dia akan mengeluarkan berbagai bunyi dan ini menurut Lucia perlu menjadi perhatian khusus orang tua. Saat dia menunjuk sesuatu, coba ajarkan cara menyebut hal yang dia tunjuk untuk melatihnya berbicara.

Praktisi neurosains Terapan dr. Anne Gracia pernah mengatakan memijat wajah anak sejak bayi merupakan salah satu bentuk stimulus yang bermanfaat bagi kemampuan berbicaranya.

“Setiap sentuhan di wajah bayi akan mengelola otot di sekitar mulut yang bermanfaat bagi kemampuan bicaranya kelak,” tuturnya.

Lifestyle

Peneliti: Hirup Aroma Jeruk Segar Ampuh Hilangkan Stres

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang pasti sangat familiar dengan aroma jeruk yang segar. Biasanya, saat mengupas buah yang identik dengan warna kuning tersebut, aroma jeruk langsung menguar dari kulitnya sehingga memberikan bau khas yang menyenangkan.

Akan tetapi, tahukan anda ternyata menghirup aroma jeruk segar mempunyai efek relaksasi pada tubuh sehingga mampu mengurangi stres dan meningkatkan mood baik.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa aroma manis buah jeruk bisa mengurangi rasa tegang, cemas dan khawatir.

Penelitian juga menemukan bahwa menghirup aroma jeruk segar dapat mengurangi stres berkepanjangan terhadap ibu hamil yang akan melahirkan atau menghadapi persalinan. Aroma jeruk juga bisa diujicobakan pada anak-anak sekolah dan ternyata aromanya juga membantu menguirangi kecemasan anak-anak menghadapi pelajaran.

Jadi, apabila sedang merasa stres atau cemas, luangkan waktu untuk membeli jeruk segar dan menghirup aromanya agar stres berkurang ya.

Continue Reading

Lifestyle

Agar Kulit Telur Rebus Mudah Dikupas dan Tidak Lengket, Begini Tipsnya

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Salah satu tantangan yang biasa dihadapi orang-orang saat merebus telur yakni mengupas kulitnya satu per satu dengan penuh kesabaran. Lantaran kadang-kadang kulit telur susah dikupas dan bahkan menempel pada telur sehingga menyebabkan telur tidak bulat utuh sempurna.

Supaya dapat mengupas telur bulat utuh yang mudah dan tidak lengket. Berikut ini tipsnya seperti dilansir dari fimela.

Baking soda

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan baking soda. Menggunakan ini dapat membuat kulit telur menipis sehingga lebih mudah dikupas setelah matang.

Caranya, pertama rebus air di dalam panci. Masukkan telur ke dalam air panci yang sudah mulai menghangat. Selanjutnya, masukkan 1 sdm baking soda ke dalam air rebusan. Penambahan baking soda tergantung seberapa banyak telur yang direbus. Pastikan telur terendam semua dan jika merebus lebih banyak telur, masukkan dua sendok makan baking soda atau lebih.

Cuka dan garam

Apabila tidak memiliki baking soda, bisa juga memakai cuka dan garam. Penambahan cuka dan garam memiliki fungsi sama dengan baking soda, yakni membuat cangkang telur menipis atau tidak menempel pada telur sehingga mudah dikupas. Caranya, masukkan cuka dan garam dengan perbandingan 2:1 ke dalam telur yang mulai direbus.

Jika telur sudah direbus selama 10 menit, angkat dan segera ganti dengan air dingin. Rendam di dalam air dingin sebelum dikupas. Supaya lebih cepat dingin dan dikupas, gunakan air es.

Itulah tips agar telur mudah dikupas.

Continue Reading

Lifestyle

Peneliti: Hirup Aroma Apel Bisa Atasi Migrain

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Apel merupakan salah satu buah yang umum dimakan setiap orang, aromanya yang khas dengan kesan segar dan manis yang menyenangkan di hidung.

Saat membeli buah apel, beberapa orang suka mencium baunya yang khas dan segar, namun tahukah Anda bahwa ternyata kegiatan sederhana mencium bau apel ini ternyata mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh? Bahkan jika kamu tidak memakan apel tersebut.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 yang dimuat dalam Smell and Taste menemukan bahwa mencium aroma buah apel kemungkinan bisa meredakan sakit kepala hingga migrain.

Aroma segar buah apel direspon sebagai aroma yang mampu memberi efek relaksasi oleh otak sehingga mampu melepaskan hormon yang mampu membuat saraf rileks. Karena inilah bau apel mampu mengurangi gejala hingga rasa nyeri karena migrain.

Sementara penelitian lain yang menggunakan buah apel hijau untuk bahan penelitian menemukan bahwa aroma buah apel hijau bisa membantu mengendalikan perasaan cemas dan gelisah di kala menghadapi momen yang menegangkan dan menyebabkan stres.

Walau terkesan sepele, menghirup aroma buah apel sebelum membeli atau memakannya ternyata memiliki manfaat di luar dugaan ya.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com