Connect with us

Olahraga

Australia Akui Ajak Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Published

on

Bola yang sudah dipersiapkan untuk pencalonan Piala Dunia FIFA 2034.Bola yang sudah dipersiapkan untuk pencalonan Piala Dunia FIFA 2034. (Foto: CNN Istimewa/Thinkstock/Apflite)

Geosiar.com, Olahraga – Australia dikabarkan mengajak Indonesia untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama di perhelatan ajang sepak bola dunia, World Cup 2034. Kabar ini dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha.

“Tahun 2018 kemarin Australia melamar PSSI. Kenapa juga Australia, karena lokasi kami juga berdekatan dan kami punya kerja sama dengan federasi sepakbola di sana, jadi mudah untuk berkomunikasi,” tutur Tisha saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Menurut Tisha, duet antara Indonesia dengan Australia mewakili ASEAN terbilang sangat kuat dan berpotensi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

“Kombinasi antara PSSI dengan Australia ini kuat. Australia memiliki pengalaman dan Indonesia tidak kalah infrastrukturnya. Untuk perkembangan terbarunya seperti apa nanti, bakal diketahui dalam pertemuan Agustus mendatang,” paparnya.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Australia (FFA) menggelar diskusi mendalam perihal perhelatan Piala Dunia FIFA 2034 bersama para anggota ASEAN. Mereka mengaku sudah berunding dengan Indonesia untuk maju sebagai tuan rumah.

“Australia sudah berunding dengan Indonesia untuk mengajukan satu proposal lamaran menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia FIFA 2034,” demikian pernyataan Federasi Sepak Bola Australia (FFA) seperti dikutip Reuters, Kamis (27/6/2019).

FFA pun mengatakan siap untuk membuka diskusi langsung dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait hal tersebut.

“Federasi Sepak Bola Australia memastikan telah berdiskusi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengenai kemungkinan mengajukan lamaran bersama untuk (menjadi penyelenggara) Piala Dunia FIFA 2034,” lanjut FFA.

Kabarnya, lamaran bersama Indonesia-Australia tersebut telah dibahas dalam Pertemuan Dewan Federasi Olahraga ASEAN pekan lalu di Laos.

Ajakan FFA itu mencuat setelah Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan Ocha mengumumkan bahwa sepuluh negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia bakal mengajukan lamaran menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia. Hal itu disampaikan dalam jumpa pers di Bangkok akhir pekan lalu.