Connect with us

pemilu 2019

MK Ubah Jadwal Putusan Sengketa Pilpres Jadi 27 Juni

Published

on

Suasana di Sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) saat sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 digelar di MK, Selasa (18/6/2019). (Foto: ANTARA)

Geosiar.com, Jakarta – Pembacaan putusan sengketa pilpres 2019 akan dipercepat dari yang semula dijadwalkan pada 28 Juni 2019 menjadi 27 Juni 2019. Pernyataan ini dibenarkan oleh Juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono.

Fajar mengatakan bahwa penentuan jadwal pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2019 tersebut merupakan hasil Rapat Pemusyawaratan Hakim (RPH) yang diikuti sembilan hakim konstitusi.

“Ya, berdasarkan keputusan RPH hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB,” kata Fajar Laksono kepada awak media, Senin (24/6/2019).

Pihak MK, kata Fajar, telah memberitahukan pengubahan jadwal itu kepada masing-masing pihak baik bagi tim pemohon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tim termohon KPU, pihak terkait Joko Widodo-Ma’ruf Amin, serta Bawaslu.

“Sesuai ketentuan minimal tiga hari sebelum pembacaan putusan sudah disampaikan pemberitahuan ke pihak-pihak,” sambung Fajar.

Seperti diketahui, MK sudah melaksanakan sidang sengketa pilpres atau PHPU yang diajukan oleh paslon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sidang dimulai dari 14-21 Juni 2019.

Dalam persidangan, MK telah melakukan pemeriksaan pendahuluan dan pemeriksaan saksi serta ahli dari para pihak-pihak terkait. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan keterangan saksi dari tim Joko Widodo-Ma’ruf Amin selaku pihak terkait.