Connect with us

pemilu 2019

Jadwal Putusan MK Dipercepat, Aksi PA 212 Jadi 26 Juni

Published

on

Ilustrasi aksi unjuk rasa Presidium Alumni (PA) 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF). (Foto: jpnn.com)

Geosiar.com, Jakarta – Perubahan jadwal pembacaan putusan gugatan hasil Pilpres 2019 oleh Mahkamah Konstitusi (MK) ternyata juga berdampak pada perubahan jadwal rencana aksi kawal MK oleh Presidium Alumni (PA) 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF).

Semula, PA 212 dan GNPF merencanakan aksi kawal MK pada 28 Juni 2019 bersamaan dengan pembacaan putusan gugatan hasil pilpres. Namun setelah MK mengubah jadwal menjadi 27 Juni, Juru bicara PA 212 pun mengatakan bahwa pihaknya juga bakal memajukan aksi jadi 26 Juni 2019.

“Untuk masalah aksi kami sudah fokus beberapa hari yang lalu sebelum pengumuman putusan sidang yang dimajukan tanggal 27 Juni. Kami, khususnya PA 212, memang ambil bagian sebagai pelaksana aksi tanggal 26 Juni sebagai puncaknya yang sebelumnya sudah dirangkai dengan aksi pada tanggal 14 Juni, 18 Juni sampai sekarang,” tutur Novel Bamukmin, Selasa (25/6/2019).

Novel mengakui massa PA 212 dan GNPF memang telah mengagendakan aksi kawal MK sejak 14 Juni. Aksi pun rencananya akan berakhir pada 28 Juni.

“Karena rangkaian kegiatan aksi kami sudah teragendakan dari tanggal 14 Juni sampai tanggal 28 Juni,” sambung Novel.

Menurut Novel, keputusan untuk memajukan jadwal aksi tersebut didasari pada pengalaman saat menghadapi pengumuman rekapitulasi nasional oleh KPU beberapa waktu lalu.

“Karena kita antisipasi jauh-jauh hari, takutnya jadwal pengumuman hasil sidang dimajukan seperti KPU makanya kita ubah menjadi tanggal 26 Juni dan ternyata dugaan kita untuk dimajukan ternyata benar,” imbuhnya.

Saat ditanya soal aksi pada 28 Juni, Novel mengaku akan menunggu sikap BPN atas keputusan MK. Selain itu, mereka bakal mendengarkan dan mengikuti saran ulama.

“Adapun tanggal 28 Juni kami tunggu langkah BPN bagaimana hasil sidang MK untuk menyikapinya dan tanggal 28 kami akan ikut keputusan ulama juga,” pungkasnya.