Connect with us

Dunia

Dua Pesawat Tempur Eurofighter di Jerman Tabrakan, Satu Pilot Tewas

Published

on

Puing pesawat tempur Eurofighter (Detik.com)

Geosiar.com, Berlin – Dua pesawat tempur Eurofighter di Jerman timur jatuh usai bertabrakan pada Senin (24/6/2019). Satu pilot dikabarkan tewas dalam kecelakaan tersebut, sementara satu pilot lainnya selamat.

Pihaknya juga mengatakan bahwa kedua pilot berhasil menggunakan kursi ejektor mereka.

Belum diketahui penyebab kedua pesawat tempur tersebut bertabrakan. Akan tetapi, keduanya tidak bersenjata saat bertabrakan di udara dekat pangkalan militer Laage di negara bagian timur Mecklenburg-Vorpommern.

“Bersama dengan Eurofighter ketiga mereka menerbangkan Air Combat Mission,” kata juru bicara angkatan udara Squadron 73 seperti dikutip dari Reuters, Senin (24/6/2019).
“Pilot dari Eurofighter ketiga mengamati tabrakan dan melaporkan bahwa dua parasut turun ke tanah,” tambahnya.

Sebelumnya kedua pilot berhasil mengaktifkan kursi ejeksi dan terjun dengan memakai parasut. Sayangnya hanya satu pilot yang ditemukan selamat di sebuah pohon tak lama usai peritiwa tabrakan.

Radio Ostseewelle, yang pertama kali melaporkan kecelakaan itu, mengunggah sebuah video yang dikirim oleh pendengar yang katanya menunjukkan dua gumpalan asap naik dari lokasi tabrakan terpisah yang agak jauh satu sama lain. Stasiun radio itu menggambarkan ladang puing-puing di sekitar area tabrakan, yang dilaporkan memicu kebakaran hutan kecil.