Connect with us

Nasional

Kemenhub Soal Moda Transportasi O-Bahn: Atasi Kemacetan

Published

on

Moda Transportasi Massal, O-Bahn. (Foto: ist)

Geosiar.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji perkembangan moda transportasi massal baru bernama O-Bahn sebagai alternatif pilihan angkutan massal.

Konsep O-Bahn menggabungkan antara moda transportasi Bus Rapid Transit (BRT) dan Light Rapid Transit ( LRT). Artinya, O-Bahn merupakan sebuah bus dengan jalur khusus seperti jalur kereta.

Rencana pembangunan O-Bahn ini disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Dirjen Perkeretaapian Zulfikri. Mereka mengatakan bahwa O-Bahn mampu mengatasi kemacetan di perkotaan.

“Pada dasarnya menggunakan bus biasanya, disediakan kalau khusus di down town sehingga tidak ikut dalam kemacetan,” tutur Zulfikri di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Zulfikri mengatakan bahwa O-Bahn memiliki banyak keunggulan dibanding dengan bus way seperti TransJakarta. Salah satu kelebihannya terdapat pada kecepatan dan waktu yang akan lebih efisien sehingga nantinya mampu menjadi solusi kemacetan lalu lintas perkotaan.

“Selama ini bus way masih ikut dalam kemacetan. Ini bisa di atas kecepatan 60 km per jam, bahkan dengan bus tingkat bisa 80 km per jam dengan jalur khusus. Ini solusi pengangkutan massal di wilayah perkotaan,” paparnya.

Selain itu, O-Bahn akan melayani penggunanya hingga sampai di depan rumah sehingga warga tak perlu repot untuk terus mengganti moda transportasi dari rumah ke lokasi tujuan.

“Pada saat dia di daerah pinggiran kota bisa langsung masuk ke perumahan untuk angkut langsung penumpang dari rumah,” lanjutnya.

Untuk biaya pembangunan, Zulfikri mengakui jika O-Bahn akan memakan dana cukup besar. Sebab dengan kapasitas angkut yang lebih besar akan membuat biaya operasionalnya lebih efisien meski membutuhkan investasi yang lebih besar dibanding bus way.

“Secara umum, pembangunan O-Bahn 20 persen lebih mahal dari busway, tetapi produkivitas penumpang per km yang bisa diangkut itu lebih Kalau pembangunan lebih mahal, tapi secara biaya operasi lebih murah. Karena kapasitas angkut yang lebih besar,” tandas dia.

O-Bahn sendiri pertama kali diterapkan di Kota Essen, Jerman. Sekarang O-Bahn juga sudah digunakan di negara Australia dan Jepang sebagai moda transportasi massal.

Ekonomi

Loker untuk Lulusan SMA/SMK, Penghasilan Besar

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Loker – Apakah kamu lulusan SMA/SMK yang tengah mencari pekerjaan, khususnya di perusahaan BUMN? Jangan sampai ketinggalan info ini.

Untuk kamu yang ingin berkarir di perusahaan BUMN, ini kabar gembira untukmu.

PT Pos Indonesia melalui Pos Asuransi saat ini membuka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA SMK. Pos Asuransi merupakan salah satu proyek bisnis yang dibentuk oleh PT Pos Indonesia, bekerja sama dengan PT Heksa Solution Insurance.

Berikut ini informasi Lowongan Kerja Pos Assurance Consultant seperti dikutip dari https://heksainsurance.co.id :

Posisi:

Pos Assurance Consultant: Pos Assurance Consultant memiliki peranan dalam mengedukasi dan sosialisasi mengenai program asuransi serta membantu nasabah untuk pengajuan aplikasi.

Deskripsi Pekerjaan:

  • Bertanggung jawab atas pemasaran dan penjualan produk-produk asuransi baik secara Direct dan Corporate untuk memenuhi target penjualan yang ditetapkan perusahaan
  • Maintain relationship dengan nasabah
  • Melakukan monitoring terhadap pencapaian target penjualan di cabang
  • Membuat laporan secara berkala terhadap atasan/supervisor/kepala cabang/ASM

Tanggung Jawab:

  • Total Gross Premium dan Renewal Premium
  • Tingkat keluhan pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan
  • Ketepatan SLA (Service Level Agreement) dan ketepatan SOP (Standard Operating Procedure)
  • Employee engagement, perencanaan pelatihan, client engagement dan sosialisasi produk

Kriteria:

  • Usia 21-35
  • Minimal SMA/SMK semua jurusan
  • Menarik dan Rapih
  • Suka bersosialisasi dan komunikatif
  • Tertarik dengan marketing
  • Kreatif, gigih dan suka tantangan
  • Penempatan dikantor Pos

Benefit:

  • Penghasilan besar
  • Jenjang karir
  • Bersertifikasi

CATATAN:

*Informasi selengkapnya dan link daftar silahkan klik https://heksainsurance.co.id/academy

*Rekrutmen tidak dipungut biaya apapun.

Semoga informasi ini bermanfaat buat anda yang sedang mencari kerja.

Continue Reading

Ekonomi

Beras Impor 2017 Menumpuk di Gudang Bulog

Published

on

Beras impor asal Pakistan yang masih menumpuk di gudang Bulog Divisi Regional DKI Jakarta dan Banten yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (27/2/2020). (Foto : CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Geosiar.com, Jakarta – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan sebanyak 900.000 ton beras sisa impor 2017 masih menumpuk di gudang Bulog. Beras tersebut merupakan hasil kebijakan pemerintah yang mengimpor sebanyak 1,8 juta ton pada 2017.

“Saya perlu sampaikan, yang beras eks impor di seluruh Indonesia itu kurang lebih masih ada 900.000 ton dari kita impor 1,8 juta ton. Itu impornya tahun 2017, masuknya Februari secara keseluruhannya, 14 Februari 2018,” ujar Budi Waseso kepada wartawan di Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (27/2/20).

Kendati sudah berumur 2 tahun, pria yang akrab disapa Buwas itu memastikan beras tersebut masih layak konsumsi. Selain karena cara penyimpanan yang baik, kualitas beras impor tersebut juga tinggi.

“Memang beras impor itu kualitasnya bagus karena mereka memproses dengan benar mulai dari dryer, pengeringan hingga proses penggilingan juga sempurna. Selama penyimpanan kita baik, tidak ada kelembaban yang mengganggu, itu bisa (dikonsumsi),” jelas Budi.

Dikatakannya, saat ini Bulog juga sedang mengusung program pembuatan sistem penyimpanan beras yang baik seperti membangun rice to rice dan RMU (rice milling unit). Sehingga, penyimpanan beras dalam negeri juga bisa lebih baik dan kualitasnya terjaga.

Continue Reading

Nasional

Penting! Ini Cara Daftar Sensus Penduduk Online 2020

Published

on

Ilustrasi Sensus Penduduk Online 2020.

Geosiar.com, Jakarta – Tahun ini, pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri membuat terobosan baru terkait penghitungan kembali jumlah orang yang tinggal di Indonesia termasuk merekap informasi dasar seperti umur, jenis kelamin, dan suku bangsa, atau yang dikenal dengan sensus penduduk.

Yup, sensus penduduk kali ini akan dilakukan secara online. Masyarakat diberikan kesempatan untuk mengisi data secara mandiri melalui website resmi BPS yaitu sensus.bps.go.id.

Sensus Penduduk Online berlangsung dari 15 Februari-31 Maret 2020. Setiap anggota keluarga yang terdaftar di dalam Kartu Keluarga dapat mengisi sensus penduduk online ini.

Sebelum melakukan pengisian data, kalian perlu menyiapkan beberapa dokumen di antaranya Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP),
Buku nikah, Dokumen cerai/Surat Keterangan Kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika diperlukan.

Bagi yang baru pertama kali membuka portal, nanti akan dimintai untuk membuat kata sandi atau password. Sementara yang sudah pernah login sebelumnya, cukup memasukkan kata sandi saja.

Mengutip dari Indonesia.go.id, berikut cara lengkap pengisian sensus penduduk secara online 2020:

  1. Siapkan dokumen-dokumen pribadi yang dibutuhkan.
  2. Masuklah ke laman sensus.bps.go.id untuk mengakses laman Sensus Penduduk Online (SPO) 2020.
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  4. Klik kotak kosong pada captcha lalu klik “Cek Keberadaan”.
  5. Jika pertama kali melakukan akses pada SPO, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik “Buat Password”.
  6. Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik “Masuk”.
  7. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik “Mulai Mengisi”.
  8. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai.
  9. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya.
  10. Pada halaman pertama Anda diminta mengisikan alamat tinggal keluarga saat ini, seperti provinsi, kota atau kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, RT/RW dan nama jalan dan nomor rumah.
  11. Kemudian halaman selanjutnya Anda diminta untuk mengisikan keterangan data mengenai kondisi tempat tinggal Anda saat ini.
  12. Selanjutnya Anda diminta mengisikan data keluarga satu persatu berurutan dimulai dari kepala keluarga, istri, anak atau anggota lainnya.
  13. Kemudian Anda diminta mengisikan data tentang aktivitas sehari-hari.
  14. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol “Kirim”.
  15. Unduh atau kirimkan bukti pengisian pada email anda dengan terlebih dahulu mengisikan alamat email.

Apabila kalian ingin menyimpan data sementara, maka jangan lupa untuk menekan tombol ‘Simpan Sementara’. Setelah pengisian online selesai dilakukan, kalian tinggal menunggu Sensus Penduduk Wawancara yang berlangsung pada tanggal 1-31 Juli 2020 mendatang.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com