Connect with us

Sumut

Bupati Sergai Buka Perlombaan GSI Tingkat SMP Tahun 2019

Published

on

Pembukaan perlombaan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019 di Lapangan sepak bola PT Socfindo, Kebun Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (24/6/2019). (Foto: art/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Bupati Serdang Bedagai (Sergai)  Ir H Soekirman didampingi Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya membuka acara perlombaan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019 di Lapangan sepak bola PT Socfindo, Kebun Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (24/6/2019).

Selain Bupati dan Wabup Sergai, acara ini juga dihadir Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik beserta jajarannya, Kepala BNN Sergai Adlin Tambunan, perwakilan Kajari Sei Rampah, Camat Teluk Mengkudu Parulian Siagian beserta Muspika, pimpinan Bank Sumut Cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, Manager PT Socfindo Kebun Matapao Korwil Bidang Pendidikan, Kepala Sekolah SD/SMP se-Sergai, dan peserta tim sepak bola dari 17 Kecamatan se-Sergai.

Dalam sambutannya, Soekirman dalam menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia penyelenggara, khususnya kepada Dinas Pendidikan yang telah menggelar kembali GSI untuk tahun yang ketiga kalinya sejak berganti nama dari Liga Pelajar Indonesia (LPI).

“Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan salah satu bentuk kepedulian dalam memajukan persepakbolaan di Kabupaten Sergai,” ucap Soekirman saat memberi sambutan, Senin (24/6/2019).

Melalui GSI, harap Soekirman, diharapkan lahir pemain-pemain sepak bola berbakat yang berkesempatan mendapat pembinaan lebih lanjut dan secara jangka panjang akan menjadi pesepak bola profesional bagi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, julukan Kabupaten Sergai. 

Lebih lanjut, sang Bupati memastikan sebagai pemerintah daerah yang dengan segala keterbatasan anggaran, bakal terus berusaha melakukan pembinaan secara maksimal kepada seluruh cahang olahraga, khususnya sepak bola. 

“Untuk perkembangan selanjutnya, kami hanya mengantarkan para bibit potensial tersebut sampai perbatasan Sungai Ular saja, selanjutnya mereka yang menentukan karir olahraga yang akan ditempuh selanjutnya, sebab berhasil atau tidak merekalah yang menentukan. Semoga para bibit potensial tersebut dapat membawa nama baik daerah dan nasional seperti Dimas Sumantri dan Maldini asal Sergai yang sempat masuk dalam Timnas U-16 dan meraih prestasi tingkat internasional beberapa tahun yang lalu,” sambung Soekirman.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik menyampaikan bahwa Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga sepak bola antar siswa SMP sederajat. Kegiatan ini juga sebagai wadah mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter siswa.

“GSI ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi serta pengembangan bakat dan minat siswa dalam cabang olahraga sepak bola sekaligus meningkatkan persatuan dan kesatuan antar siswa di seluruh Kabupaten Sergai,” kata Joni.

Sebagai informasi, GSI bakal dimulai pada 24 Juni hingga 13 Juli 2019. Sebanyak 16 tim yang berasal dari SMP negeri dan swasta se-Sergai mengikuti kompetisi tersebut. Babak penyisihan GSI Tahun 2019 akan dilaksanakan di dua lokasi, yakni lapangan Sepak Bola Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin dan Lapangan Sepakbola PT Socfindo Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu. (art)