Connect with us

Sumut

Bupati Sergai Buka Perlombaan GSI Tingkat SMP Tahun 2019

Published

on

Pembukaan perlombaan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019 di Lapangan sepak bola PT Socfindo, Kebun Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (24/6/2019). (Foto: art/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Bupati Serdang Bedagai (Sergai)  Ir H Soekirman didampingi Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya membuka acara perlombaan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019 di Lapangan sepak bola PT Socfindo, Kebun Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (24/6/2019).

Selain Bupati dan Wabup Sergai, acara ini juga dihadir Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik beserta jajarannya, Kepala BNN Sergai Adlin Tambunan, perwakilan Kajari Sei Rampah, Camat Teluk Mengkudu Parulian Siagian beserta Muspika, pimpinan Bank Sumut Cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, Manager PT Socfindo Kebun Matapao Korwil Bidang Pendidikan, Kepala Sekolah SD/SMP se-Sergai, dan peserta tim sepak bola dari 17 Kecamatan se-Sergai.

Dalam sambutannya, Soekirman dalam menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia penyelenggara, khususnya kepada Dinas Pendidikan yang telah menggelar kembali GSI untuk tahun yang ketiga kalinya sejak berganti nama dari Liga Pelajar Indonesia (LPI).

“Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan salah satu bentuk kepedulian dalam memajukan persepakbolaan di Kabupaten Sergai,” ucap Soekirman saat memberi sambutan, Senin (24/6/2019).

Melalui GSI, harap Soekirman, diharapkan lahir pemain-pemain sepak bola berbakat yang berkesempatan mendapat pembinaan lebih lanjut dan secara jangka panjang akan menjadi pesepak bola profesional bagi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, julukan Kabupaten Sergai. 

Lebih lanjut, sang Bupati memastikan sebagai pemerintah daerah yang dengan segala keterbatasan anggaran, bakal terus berusaha melakukan pembinaan secara maksimal kepada seluruh cahang olahraga, khususnya sepak bola. 

“Untuk perkembangan selanjutnya, kami hanya mengantarkan para bibit potensial tersebut sampai perbatasan Sungai Ular saja, selanjutnya mereka yang menentukan karir olahraga yang akan ditempuh selanjutnya, sebab berhasil atau tidak merekalah yang menentukan. Semoga para bibit potensial tersebut dapat membawa nama baik daerah dan nasional seperti Dimas Sumantri dan Maldini asal Sergai yang sempat masuk dalam Timnas U-16 dan meraih prestasi tingkat internasional beberapa tahun yang lalu,” sambung Soekirman.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik menyampaikan bahwa Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga sepak bola antar siswa SMP sederajat. Kegiatan ini juga sebagai wadah mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter siswa.

“GSI ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi serta pengembangan bakat dan minat siswa dalam cabang olahraga sepak bola sekaligus meningkatkan persatuan dan kesatuan antar siswa di seluruh Kabupaten Sergai,” kata Joni.

Sebagai informasi, GSI bakal dimulai pada 24 Juni hingga 13 Juli 2019. Sebanyak 16 tim yang berasal dari SMP negeri dan swasta se-Sergai mengikuti kompetisi tersebut. Babak penyisihan GSI Tahun 2019 akan dilaksanakan di dua lokasi, yakni lapangan Sepak Bola Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin dan Lapangan Sepakbola PT Socfindo Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu. (art) 

Sumut

Miris, Remaja Asal Langkat Rela Dijual Demi Masuk Sekolah

Published

on

Korban DSP (14) bersama kedua pelaku AS alias Sri (40) dan SZ (23). (Foto: istimewa)

Geosiar.com, Langkat – Kanit Reskrim Polsek Sunggal, Iptu Syarif Ginting mengungkap fakta baru mengenai penjualan anak dibawah umur, DSP (14) kepada pria hidung belang oleh bibi kandungnya sendiri.

Syarif mengatakan, remaja asal Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara itu, mengaku secara suka rela dijual oleh bibinya demi biaya masuk sekolah menengah pertama (SMP).

Sejak kecil, ujar Syarif, korban bersama adiknya PA (9) tinggal bersama kakeknya yang hanya bekerja sebagai buruh serabutan. Sedangkan kedua orang tua korban telah lama pergi meninggalkan mereka.

“Ayah dan ibunya telah pergi meninggalkan mereka,” kata Iptu Syarif Ginting, Rabu (24/7/2019).

Beberapa waktu lalu, kata Syarif, korban mengaku bertemu dengan ibunya, lalu minta masuk sekolah. Tetapi ibunya menolak permintaan itu dengan alasan tidak ada uang. Kemudian sang ibu mengatakan agar korban menjual diri jika mau sekolah.

“Kalau mau sekolah juga, jual saja dirimu,” tutur Syarif Ginting menirukan omongan ibu DSP kepada korban.

Oleh karena itu, korban mendatangi adik ibunya (bibinya), SZ (23) di Kota Binjai. Kemudian, SZ membawa korban kepada germo SA alias Sri (40) untuk dijual seharga Rp10 juta.

Sebelum korban diserahkan kepada pria hidung belang, petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Sunggal yang menyamar sebagai pembeli akhirnya berhasil menyelamatkan korban dari transaksi tersebut. Korban diselamatkan dari Hotel Milala, Desa Mulirejo, Kecamatan Sunggal.

Continue Reading

Sumut

Bocah Hanyut Ditemukan Tewas di Sungai Sunggal

Published

on

Proses evakuasi bocah yang hanyut di Sungai Sunggal, Medan, Rabu 24/7/2019).

Geosiar.com, Medan – Tim Charlie Rescue akantor (SAR) Medan Medan berhasil menemukan bocah bernama Dafa Al Rizki (4) yang dilaporkan hanyut di Sungai Sunggal, Desa Paya Geli, Dusun 1 Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, dalam kondisi meninggal dunia, Rabu (24/7/2019) sekitar pukul 08.44 WIB.

Humas Kantor SAR Medan, Hisar Turnip mengatakan, korban ditemukan oleh tim SAR sekitar 1 kilometer dari lokasi ia terjatuh setelah melakukan kurang lebih 17 jam pencarian.

“Benar, korban hanyut di aliran sungai Belawan kemarin sudah kita temukan pagi ini. saat itu Tim Charlie Rescue kantor SAR Medan yang dipimpin oleh Komandan Regu Rory Ginting menemukan korban sekitar 1 KM dari tempat ia hanyut” tutur Hisar Turnip.

Hisar mengatakan setelah tim melakukan evakuasi, jasad korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan di rumah duka.

“Tim langsung mengevakuasi korban dan diserahkan ke pihak keluarga korban,” tambah Hisar.

Sebagai informasi, Dafa dilaporkan hilang pada Selasa (23/7/2019) sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu, dia diketahui sedang bermain bersama teman-temannya di pinggiran aliran sungai Sei Belawan yang tak jauh dari rumahnya.

Mendapat laporan itu, sebanyak tujuh orang personel Kantor SAR Medan langsung menyusuri sungai dengan menggunakan perahu karet.

Continue Reading

Sumut

5 Napi Tebing Tinggi Dapat Remisi di Peringatan HAN

Published

on

Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tebing Tinggi bersama narapidana yang mendapatkan remisi khusus, Rabu (24/7/2019). (Foto: Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Sebanyak lima orang narapidana (napi) anak di Lembaga Pemasyarakatan  (Lapas) Tebing Tinggi mendapatkan remisi khusus dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 .

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tebing Tinggi, Theo A Purba, Amd IP SH MH didampingi Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Lapas Tebing Tinggi, Heru Prabowo, saat dikonfirmasi Geosiar.com di ruang kerjanya, Jalan Pusara Pejuang, Kelurahan Rambung, Rabu (24/7/2019).  

“Sebanyak 5 napi anak di Lapas ini mendapatkan remisi bertepatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019,” tutur Theo.

Theo menyebut remisi khusus itu diberikan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkum HAM) Sumut. Remisi itu terdiri atas dua jenis yakni remisi khusus sebagian dan remisi khusus seluruhnya.

“Remisi Anak I (Remisi Khusus Sebagian) 4 orang dan Remisi Anak II (Remisi Khusus Seluruhnya) 1 orang atau bebas langsung. Jadi, total menerima remisi anak berjumlah 5 orang,” jelas.

Sejauh ini, total napi dan tahanan anak yang berada di Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan) Tebing Tinggi sebanyak 1635 orang. Secara rinci, jumlah napi sebanyak 1069 orang, sementara jumlah tahanan 566 orang, dengan kapasitas hanya 451 orang.

“Lapas Tebing Tinggi berkomitmen memberikan pelayanan prima tanpa kutipan kepada tamu yang berkunjung.” tandas Theo.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com