Connect with us

Sumut

Wali Kota Medan Berharap Hubungan Pemko Medan-AS Lebih Meningkat

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengaku berharap kiranya hubungan kerjasama antara Amerika Serikat dengan Pempropsu khususnya Pemko Medan tetap baik dan meningkat. Kerjasama diberbagai sektor yang telah terjalin selama kurun waktu 70 kiranya tetap dipertahankan.

“Apa yang telah dilakukan Pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia khususnya kota Medan sangat baik sekali, dan kerjasama ini kita harapkan terus terjalin dengan baik,” kata Wali Kota dihadapan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Juha Salin dan para tamu undangan yang hadir.

Hal ini disampaika Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH usai menghadiri Perayaan HUT Kemerdekaan Amerika Serikat ke 243 Tahun dan perayaan HUT Hubungan Diplomatik Amerika Serikat-Indonesia yang ke 70 tahun, di Hotel JW.Marriot Medan, Kamis (20/6) malam.

Lebih lanjut, Wali Kota Medan mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Medan juga telah menjajaki kerjasama Sister City dengan Kota Milwaukee. Artinya akan ada MOU antara Pemerintah Kota Medan dengan Kota Milwaukee.

“Dalam waktu dekat kami akan berkunjung ke Kota Milwaukee untuk menghadiri undangan pameran dan juga menjajaki kerjasama yang akan dilakukan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Medan juga berharap kedepannya akan semakin banyak kontribusi yang diberikan Amerika Serikat kepada Indonesia khususnya Kota Medan demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Sudah banyak kontribusi yang diberikan Amerika Serikat kepada kita, salah satunya pembenahan sarana air bersih dan sanitasi agar masyarakat benar-benar memproleh air yang higienis, untuk itu kedepanya saya berharap semakin banyak lagi kontribusi yang diberikan Amerika Serikat kepada Indonesia khususnya Kota Medan,” harap Wali Kota Medan.

Sementara itu Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Juha Salin mengatakan masa jabatanya sebagai Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera hampir genap tiga tahun. Selama itu dirinya merasa Sumut sudah seperti kampung halaman sendiri.

“Sudah 3 tahun saya berada di Sumatera Utara dan saya sudah merasa seperti warga Sumut,” ujar Juha.

Disamping itu, lanjut Juha, tradisi hari kemerdekaan tahun ini dirayakan di Medan agar dapat menjangkau seluruh masyarakat Sumut. Terlebih lagi perayaan tahun ini berdekatan dengan perayaan Idul Fitri 1440H, untuk itu Juha mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat muslim di Sumut.

“Tahun ini terasa spesial karena perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat dan peringatan ulang tahun hubungan Diplomatik Amerika Serikat dengan Indonesia berdekatan dengan hari raya Idul Fitri untuk itu saya ucapkan selamat merayakan Idul Fitri bagi seluruh umat muslim di Sumut,” jelasnya. (lamru)

Advertisement