Connect with us

Olahraga

Menpora Minta Pemprov Papua Siapkan Lembaga Pengelola Venue Pasca PON 2020

Published

on

Menpora Imam Nahrawi saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Jumat (21/6/2019). (Foto: dok. Menpora)

Geosiar.com, Olahraga – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX bakal dilaksanakan pada Oktober 2020 di Provinsi Papua. Tahap persiapan gelaran PON pun dikabarkan sudah hampir rampung.

Bahkan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, sudah meminta Pemprov Papus untuk menunjuk lembaga atau tim agar mengelola keberlanjutan venue-venue usai pemanfaatannya pasca PON nanti.

“Saya harap Pemprov Papua agar sedini mungkin menyiapkan lembaga pengelola pasca PON untuk mengelola venue yang begitu bagus ini agar tetap termanfaatkan dan terawat dengan baik,” tutur Imam saat meninjau Stadion Papua Bangkit, Sabtu (22/6/2019).

Dengan keberadaan venue-venue terawat itu nantinya, Imam berharap, bisa kembali dimanfaatkan guna memotivasi lahirnya atlet baru dari Papua.

“Venue-venue ini saya harap menjadi tempat lahirnya atlet-atlet baru pasca PON agar berkontribusi tidak hanya mengharumkan Papua, tapi juga berprestasi tingkat dunia dan mampu mengibarkan Merah-Putih di kancah olahraga dunia,” harap Imam.

Menurut Imam, pembangunan venue-venue itu dapat mendorong semangat provinsi lain agar turut mempunyai harapan sama untuk menyelenggarakan PON atau single even lainnya. Sebab melalui olahraga, kata Imam, bisa turut mempercepat perkembangan infrastruktur pada suatu daerah.

“Saya gembira sekali ini membuktikan pemerintah pusat, pemprov, pemkab amat sangat serius mendukung hal ini jangan pernah kendor semangatnya tetep bangkit seperti nama stadion ini yang menjadi kebangkitan olahraga Indonesia dari timur,” terang Imam.

Sementara itu, Dwi Aji Wicaksono selaku Project Manager Stadion, mengatakan bahwa proyek pembangunan untuk Stadion Utama Papua Bangkit telah mencapai 100 persen. Pembangunan tersebut telah dimulai sejak Mei 2019 lalu.

Luas Stadion Utama Papua Bangkit sendiri adalah 13 hektar, sedangkan bila dihitung dengan keseluruhan venue-venue yang berada di sekelilingnya, termasuk lapangan pemanasan, area Istoran dan Aquatik, maka luas stadion itu sekitar 42 hektar.

“Progres sudah 100% dengan seluruh equipment telah berfungsi seluruhnya, stadion ini didesain dengan kapasitas 40 ribu penonton, rumputnya berstandar FIFA seperti di GBK, lampunya 1800 lux di sekeliling lapangan ada lintasan atletik dan kelebihannya nantinya akan disertifikasi kelas 1 untuk lintasan atletik dari federasi internasional atletik,” tandas Aji.

PON XX Papua akan dilaksakan pada 9-21 September 2020. Sebanyak 47 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam event tersebut.

Olahraga

Swiss dan Denmark Lolos, Berikut Daftar Tim yang Melaju Piala Eropa 2020

Published

on

Pemain Denmark merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020

Geosiar.com, Olahraga – Dua negara akhirnya menyusul ke putaran final Piala Eropa 2020. Swiss dan Denmark berhasil lolos ke kompetisi pada musim panas 2020.

Swiss berhasil lolos usai memetik kemenangan atas Gibraltar dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020. Granit Xhaka dkk menang telak 6-1 saat bertanding di Victoria Stadium, Selasa (19/11/2019) dini hari WIB.

Swiss lolos sebagai juara Grup D. Mereka mengumpulkan 17 poin dari delapan pertandingan.

Langkah Swiss juga diikuti oleh Denmark yang ada di peringkat kedua dengan 16 poin. Denmark finis sebagai runner-up Grup D setelah bermain imbang 1-1 dengan Republik Irlandia.

Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 19 negara yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Berikut ini negara-negara yang sudah lolos ke Piala Eropa 2020:

  1. Belgia
  2. Italia
  3. Ukraina
  4. Rusia
  5. Polandia
  6. Spanyol
  7. Inggris
  8. Republik Ceko
  9. Prancis
  10. Turki
  11. Finlandia
  12. Swedia
  13. Jerman
  14. Belanda
  15. Kroasia
  16. Austria
  17. Portugal
  18. Swiss
  19. Denmark
Continue Reading

Olahraga

Alex Marquez Berlabuh ke Repsol Honda?

Published

on

Alex Marquez

Geosiar.com, Jakarta – Repsol Honda saat ini sedang mempertimbangkan pengganti Jorge Lorenzo untuk MotoGP 2020. Dikabarkan, Alex Marquez bakal menjadi pebalap yang terpilih.

Satu kursi pebalap Repsol Honda lowong usai Lorenzo membeberkan pensiun usai MotoGP Valencia pada Minggu (17/11/2019). Sejauh ini sudah ada tiga nama yang menjadi kandidat tandem Marc Marquez, yaitu Cal Crutchlow, Johann Zarco, dan adiknya sendiri Alex.

Zarco gagal finis di Ricardo Tormo usai mengalami kecelakaan. Setelah balapan, pebalap Prancis itu mengakui bahwa peluangnya menggantikan Lorenzo sudah tertutup.

“Tentang masa depan, aku tidak tahu,” kata eks pebalap Tech3 dan KTM itu dilansir Crash.

“Rasanya pintu-pintu untukku di MotoGP sudah tertutup, sungguh disayangkan. Tapi tidak ada yang 100 persen pasti untuk sekarang. Itulah mengapa aku tidak bisa mengatakan apapun,” tambahnya.

Dilansir dari Sky Sport MotoGP, Alex Marquez dan Repsol Honda telah menggelar negosiasi bahkan pengumuman segera akan dilakukan.

Pabrikan Jepang itu memutuskan bakal menunda pengumuman demi menghormati Lorenzo. Disebutkan pula bahwa perekrutan Alex dipengaruhi oleh Marquez, sekalipun dibantah.

Pengumuman Alex Marquez sebagai pebalap baru Repsol Honda tinggal menunggu waktu saja. Seperti diketahui, para pebalap akan langsung menjalani post-season tes di Valencia pada 19-20 November 2019.

Continue Reading

Olahraga

Sukses! Brasil Juarai Piala Dunia U-17 2019

Published

on

Brasil Juara Piala Dunia U-17 2019

Geosiar.com, Olahraga – Brasil berhasil meraih juara Piala Dunia U-17 2019 setelah mengalahkan Mexico di laga final. Hal ini menjadi gelar keempat Selecao sepanjang sejarah.

Final Piala Dunia U-17 2019 digelar di Estadio Bezerrao, Brasil pada Senin (18/11/2019). Tuan rumah Brasil ditantang Mexico dalam perebutan gelar juara.

Mexico unggul lebih dulu, yakni di menit ke-66 melalui tendangan Bryan Gonzalez, setelah sukses memanfaatkan umpan silang Eugenio Pizzuto dari sisi kiri. Brasil membalas di menit ke-84 lewat eksekusi penalti Kaio Jorge.

Tim tuan rumah berbalik unggul di menit injury time yang dihasilkan Lazaro Vinicius Marquez, setelah berhasil memaksimalkan crossing Yan Bueno Couto. Brazil menutup laga dengan kemenangan 2-1, serta berhasil merengkuh trofi juara di hadapan pendukungnya sendiri.

Ini menjadi trofi keempat Seleccao di ajang Piala Dunia U-17 sepanjang sejarah. Sebelumnya, Brasil sukses meraih gelar juara di tahun 1997, 1999, dan 2003.

Brasil menjadi tim kedua yang sukses memenangi Piala Dunia U-17 di depan para pendukungnya. Sebelumnya, prestasi yang sama diraih oleh Mexico pada kejuaraan di tahun 2011.

Sedangkan di pertandingan lainnya, Prancis berhasil menaklukan Belanda di perebutan tempat ketiga. Les Bleus menang 3-1 dan menjadi juara ketiga di Piala Dunia U-17.

Hasil Piala Dunia U-17 2019:

Juara: Brasil
Runner Up: Mexico
Posisi 3: Prancis
Posisi 4: Belanda

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com