Connect with us

Dunia

Kanada Sahkan UU Larangan Ekspor-Impor Sirip Hiu

Published

on

Ilustrasi Perburuan hiu untuk konsumsi siripnya menjadi salah satu penyebab kian punahnya hiu. ( Foto: EPA )

Geosiar.com, Toronto – Perdagangan sirip hiu mengakibatkan dampak buruk bagi kelestarian spesies hiu di seluruh dunia. Oleh karena itu, Kanada membuat RUU tentang pelarangan ekspor dan impor sirip hiu yang tidak menempel pada hiu, ke dan dari Kanada.

Kabar baiknya, RUU tersebut telah disahkan pada Selasa (19/6/2019) waktu setempat, dan Kanada pun menjadi negara G20 pertama yang mengesahkan undang-undang pelarangan ekspor-impor sirip hiu.

Dilansir dari BBC pada Sabtu (22/6/2019), salah satu Direktur Eksekutif dari kelompok konservasi swasta, Oceana Canada Josh Laugren, mengatakan bahwa undang-undang tersebut perlu dalam mengatur perdagangan sirip hiu.

“[RUU] itu penting dengan sendirinya dalam mengatur perdagangan sirip hiu tapi juga mudah-mudahan memimpin jalan bagi negara lain untuk mengikutinya.” tutur Josh Laugren kepada BBC.

Dengan disahkannya UU perikanan itu, Josh berharap habitat ikan sekaligus populasi hiu bisa dikelola ke arah lebih baik lagi.

“Tidak diragukan lagi bahwa undang-undang yang baru ini berpotensi mengubah bagaimana kita mengelola lautan Kanada,” harap Josh.

Badan Statistik Kanada mencatat telah mengimpor lebih dari 148.241 kg sirip hiu dengan total nilai 3,2 juta dolar Kanada (2,4 juta dolar AS) di sepanjang tahun 2018, dan menjadi negara importir sirip hiu terbesar di luar Asia.

“Kami bukan pemain terbesar, tapi kami tetap pemain,” pungkasnya.

Selama tahun 2017, pemerintah Kanada melaporkan sekitar 35 persen persediaan ikan utama dalam kondisi sehat, dengan 14 persen di zona waspada dan 10 persen kondisinya kritis. Angka tersebut mewakili jumlah terendah persediaan ikan sehat sejak 2011.

Di pihak lain, orang yang pertama kali mengajukan larangan perdagangan sirip hiu, Senator Kanada Michael MacDonald mengatakan bahwa pengesahan undang-undang terkait ekspor-impor sirip hiu merupakan sebuah langkah awal.

Ia pun berharap keputusan Kanada dalam penghentian ekspor-impor tersebut bisa dijadikan contoh kepada dunia bahwa praktik perdagangan itu salah dan harus dihentikan. Dia pun memastikan bahwa Kanada tidak akan lagi berpartisipasi dalam perdagangan sirip hiu.