Harus Tahu! Efek Samping Konsumsi Kafein Berlebihan

by

Geosiar.com, Lifestyle – Anda pasti mengenal kafein karena dia terletak di dalam kopi favorit Anda. Kafein dipercayai sebagian orang dapat membantu menghadapi kesibukan sehari-hari karena bisa membuat terjaga agar tidak merasa lelah saat bekerja atau belajar.

Kafein sebenarnya memiliki banyak manfaat, akan tetapi tanpa disadari juga memiliki banyak dampak negatif bila dikonsumsi secara berlebihan.

“Kafein itu bisa membuat otak terjaga, jadi kayak tidak mau tidur. Konsumsi berlebihan jadi sulit tidur di malam hari dan ingin tidur siang hari. Bila siangnya tidak tidur itu jadi gangguan untuk aktivitas sehari-hari,” jelas Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro, Dr. Prasna Pramitha.

Kafein bisa mengurangi sakit kepala dalam dosis tertentu. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan malah menyebabkan sakit kepala. Bila mengonsumsi kafein lebih dari 500 miligram setiap hari, Anda dapat mengalami keracunan kafein. Gejalanya berupa sakit kepala dan kelelahan.

Kafein yang berlebih juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Buat yang suka mengonsumsi kopi terlalu banyak, perlu mengetahui efek laksatif dari kopi.

Prasna menjelaskan, kopi dapat berkontribusi dalam pelepasan gastrin atau hormon yang membuat tubuh mempercepat aktivitas pada usus besar.

Kebanyakan mengonsumsi kafein juga bisa meningkatkan tekanan darah. Kafein yang melebihi batas normal dapat membuat pembuluh arteri mengkerut dan hal tersebut meningkatkan tekanan darah.

Sementara tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan perasaan sakit kepala, penglihatan juga buram, mual, detak jantung pun tidak teratur, sulit bernapas, dan kelelahan. Tanpa disadari tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan masalah ginjal.