Connect with us

Sumut

Dinas Lingkungan Bersihkan Sampah di Sekitar Jalan Objek Wisata

Published

on

Dinas Lingkungan Bersihkan Sampah di Sekitar Jalan Objek Wisata

Geosiar.com, Sergai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) telah mencanangkan GEMA LOSARI (Gerakan Masyarakat Membuat Lobang Sampah di lingkungan Rumah Sendiri) yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan lagi.

Seperti diketahui, sampah masih tampak berserakan di pinggir Jalan Dusun I, Desa Sei Buluh Kecamatan Perbaungan.

Dengan adanya sampah tersebut membuat dinas lingkungan hidup kabupaten Sergai langsung turun tangan mengatasi sampah alias ‘disapu bersih’, Kamis (20/6/2019) pagi sekitar pukul 11:30 WIB.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sergai, H Panisean Tambunan saat dihubungi melalui WhatsApp  membenarkan bahwa pihaknya melalui dinas Kebersihan dan persampahan telah mengangkut sampah yang berada di Jalan Dusun I, Desa Sei Buluh, Kecamatan Perbaungan yang menuju beberapa objek wisata pantai di Kabupaten Sergai.

Dikatakan Panisien, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sudah di sediakan Pemkab Sergai di Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah tidak memadai karena hanya seluas 1 hektar.

Dalam waktu dekat rencananya juga akan dilakukan perbaikan jalan disekitar TPA agar mobil truk pengangkut sampah leluasa ke dalam TPA sehingga sampah tidak dibuang ke jalan lagi.

“Langkah selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup kedepan akan memikirkan pembuatan TPA yang memenuhi syarat yakni seluas sekitar 4 hektar atau berkapasitas besar sehingga dapat menampung sampah yang lebih banyak,” beber Kadis.

Sementara, Dedi (50) warga sekitar mengatakan bahwa selama ini tumpukan sampah terdapat di  sepanjang pinggiran jalan menuju objek wisata, namun tidak diangkut hanya dibiarkan begitu saja, sehingga sampah semakin hari menumpuk di pinggir jalan tersebut.

“Kita berharap dinas terkait menindak lanjuti agar jalan akses menuju objek wisata kita bersih dan asri,“ katanya. (art)