Connect with us

Olahraga

Lorenzo Buat Kesalahan Hingga Jatuh di Sirkuit Catalunya, Kritik Bos Yamaha: Seperti Pebalap Baru

Published

on

Insiden jatuhnya Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi di MotoGP Catalunya 2019. (Foto: Laman resmi MotoGP)

Geosiar.com, Olahraga – Insiden kecelakaan domino Jorge Lorenzo di sirkuit MotoGP Catalunya, Minggu (16/6/2019), membuat banyak pihak merasa geram. Pasalnya, rider Repsol Honda itu terjatuh di putaran awal pada baris depan dan berimbas kepada tiga pebalab lain yakni Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi. Sehingga, keempat pebalap dunia itu gagal mencapai finis.

Bos Yamaha Lin Jarvis pun menyoroti insiden yang menimpa Lorenzo. Dia menilai kesalahan yang dilakukan Lorenzo itu setara dengan kesalahan Rookie atau pebalap baru. Selain itu, Bos Yamaha menyebut rider asal Spanyol itu tidak cerdas.

“Ini seperti menjadi kesalahan rookie, tidak cerdas. Membuat dirinya dan tiga pembalap terjatuh di awal race tak bisa dibayangkan,” tutur Jarvis dilansir Marca, Kamis (20/6/2019).

Jarvis menilai mantan pebalapnya yang kini pindah ke Honda itu seperti rookie alias pebalap baru. Hal itu disebutnya setelah melihat insiden serupa yang dilakukan oleh Alvaro Bautista saat race di Assen, Belanda.

“Kami sudah melihat kesalahan serupa oleh pebalap berpengalaman. Alvaro Bautista membuat hal serupa di Assen [Belanda],” lanjutnya.

Di pihak lain, Andrea Dovizioso pun turut mengkritik kelalaian Lorenzo yang berimbas kepadanya. Dia mengatakan bahwa Lorenzo tak berpikir jernih saat melakukan aksinya.

“Cukup jelas apa yang telah terjadi. Jorge berada di posisi yang bagus saat start, soal kecepatan tidak terlalu jauh dan dia sangat ingin berada di barisan depan pada awalnya, dan dia melakukan sebuah kesalahan besar karena pada tikungan itu di persneling satu dan Anda harus langsung kembali [dalam arah sebaliknya],” tutur Dovizioso.

“Dia tidak berpikir jernih ketika itu, karena dia ingin menyalip Maverick, tapi tidak tidak melihat di mana dia mengerem karena Maverick telat mengerem,” sungutnya.

Atas insiden itu, Lorenzo sendiri sudah meminta maaf kepada Dovizioso, Vinales, dan Rossi. Insiden itu juga menguntungkan Marc Marquez yang pada saat itu tidak terhambat untuk melintasi garis finis pertama. Di akhir race, Marquez pun memenangkan balapan, diikuti Fabio Quartararo dan Danilo Petrucci.