Connect with us

Dunia

Hubungan AS-Iran Memburuk, Trump: Kami Sangat Siap Hadapi Iran

Published

on

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: REUTERS)

Geosiar.com, AS – Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran tampak semakin memburuk usai terjadinya penyerangan terhadap beberapa tanker minyak di Teluk Oman dan sejak Teheran mengumumkan akan meningkatkan pengayaan uranium.

Oleh karena itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memastikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan diri untuk menghadapi Iran bila keadaan semakin bertambah buruk.

“Kami sangat siap menghadapi Iran. Kita akan lihat apa yang akan terjadi,” tegas Trump dilansir dari Reuters, Kamis(20/6/2019). Hal itu disampaikan Trump pada Selasa (18/6/2019) lalu.

Trump tampak geram atas perlakuan Iran yang menyerang dua tanker minyak AS pada pekan lalu di Teluk Oman. Selain itu, Iran juga pernah menyerang empat tanker milik As lainnya di lepas pantai Uni Emirat Arab pada Mei lalu.

“Jika kamu lihat apa yang telah mereka lakukan. Dan saya tidak hanya bicara tentang yang dilakukan selama seminggu terakhir. Saya bicara tentang yang dilakukannya selama bertahun-tahun. Mereka telah menjadi negara teror,” ucap Trump.

Untuk menekan serangan Iran, Trump pun berupaya mengerahkan kekuatan militer guna menghentikan Iran memiliki senjata nuklir. Pada Senin (17/6/2019)kemarin, AS mengatakan bakal mengirim sekitar seribu pasukan lagi ke wilayah Timur Tengah.

Kendati demikian, Trump kemungkinan akan menggunakan pasukannya untuk melindungi jalur pasokan minyak di wilayah Teluk Oman.

Sementara itu, otoritas Iran terus membantah tudingan yang memberatkan pihaknya terlibat dalam serangan tersebut. Bahkan, mereka menyampaikan niat untuk melewati batas produksi pengayaan uranium yang diperbolehkan berdasarkan perjanjian nuklir pada 2015.

Peningkatan tensi antara AS dan Iran berawal sejak Trump memutuskan AS menarik diri dari perjanjian nuklir tersebut pada tahun lalu dan memberlakukan sanksi kepada Iran atas pengayaan uranium.