Connect with us

Sumut

Harga Cabai Merah di Labuhanbatu Selatan Masih Tinggi

Published

on

Ilustrasi Cabai Merah

Geosiar.com, Sumut – Harga beberapa komoditi bahan pangan, terkhusus cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, memasuki pekan kedua idul fitri 1440 Hijriah/2019 masih relatif mahal.

Menurut pantauan seperti dikutip dari Antara, di Pasar Inpres Kotapinang di Kecamatan Kotapinang, Kamis (20/6/2019), harga cabai merah mencapai Rp80 ribu hingga Rp100 ribu per kilogram, yang biasanya harganya Rp50 per kilogram.

Tak hanya cabai merah, bahan pangan lain juga diketahui juga masih relatif mahal. Seperti bawang merah Rp40 ribu per kilogram, bawang putih Rp50 ribu per kilogram dan tomat Rp12 ribu per kilogram.

Pedagang di Pasar Inpres Kotapinang, Nur br Hutabarat dan Siti Samsiah Ritonga menyebut, kenaikan harga cabai dan sejumlah komoditi lainnya karena pembelian dari agen pun naik.

Mereka mengatakan, tingginya harga tersebut diperkirakan dipengaruhi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo beberapa waktu lalu, sehingga hasil panen petani pun menurun.

“Memang harga dari agen pun mengalami kenaikan,karena memang pasokannya sedikit. Tanda-tanda kenaikan harga cabai merah memang sudah terlihat dalam sepekan terakhir,” imbuh mereka.