Connect with us

Nasional

Oknum ASN Jabar Lecehkan Penyandang Disabilitas, Ini Respons Ridwan Kamil

Published

on

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: ist)

Geosiar.com, Jabar – Seorang oknum aparatur sipil negara (ASN) di Jawa Barat (Jabar) berinisial SR (50) dilaporkan telah melakukan tindak pelecehan seksual terhadap seorang remaja berinisial SW (15) yang menyandang disabilitas.

Hal ini dibenarkan oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat, Barnas Adjidin. Dia mengatakan bahwa pelaku bertugas memberikan pelatihan terhadap penyandang disabilitas di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (BRSPD) Dinas Sosial.

“Betul bahwa ada oknum ASN kami jabatannya widyaiswara yang melakukan pelecehan seksual, korbannya anak 15 tahun yang merupakan anak penyandang disabilitas,” tutur Barnas Adjidin saat ditemui di Kantor Dinsos Jabar, Jalan Amir Machmud, Cimahi, Selasa (18/6/2019).

Barnas mengaku bahwa pihaknya tengah mengumpulkan data terkait pelecehan seksual yang nantinya akan dilaporkan ke Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat.

Atas kasus ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyayangkan perbuatan pelaku di mana ia merupakan seorang abdi negara yang seharusnya bisa mengayomi masyarakat. 

“Saya pastikan kalau itu betul, mencoreng nama baik kita (ASN) sebagai pengayom masyarakat. Apalagi kalau korbannya disabilitas, yakni yang harus diberi ekstra perhatian. Hukum harus kita tegakkan,” tegas pria yang disapa Kang Emil itu di Gedung Sate Bandung, Rabu (19/6/2019).

Emil mendukung segala sanksi yang akan diberatkan kepada pelaku bila benar terbukti melakukan tindak tak senonoh itu. 

“Selama dia manusia, melakukan kejahatan kepada sesama manusia. Apapun status judul jabatannya, harus dihukum. Ke ranah hukum sesuai jenis pelanggarannya, apalagi itu jika ASN Pemprov Jabar,” tandasnya.