Connect with us

Olahraga

Timnas Futsal U-20 Lolos Semifinal Usai Taklukan Vietnam

Published

on

Pemain Timnas Futsal Indonesia U-20 Syaifullah (kiri) dan Afif Rizky yang berhasil membawa Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia Futsal U-20. (Foto: AFC)

Geosiar.com, Olahraga – Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia U-20 berhasil menaklukan Vietnam pada perempat final Piala Asia Futsal U-20 di Shahid Poursharifi Arena, Tabriz, Iran, Selasa (18/6/2019).

Kemenangan ini sekaligus menjadi rekor baru bagi Timnas Futsal U-20 di sepanjang sejarah sebab untuk pertama kali lolos ke semifinal dalam ajang antarnegara Asia itu.

Dalam laga tersebut, skuat Kensuke Takahashi meraih kemenangan 7-5 atas Vietnam dan keluar sebagai juara Grup D setelah menyapu bersih dua pertandingan dengan kemenangan, yakni 6-3 atas Taiwan dan 2-1 atas Irak.

Sepanjang laga perempatfinal, permainan Muhammad Sanjaya cs dinilai cukup impresif. Gol pembuka berhasil dicetak pada menit ke-10 setelah peluit awal pertandingan berbunyi oleh Abdussalam, 1-0 untuk Indonesia.

Berselang lima menit, bola kembali bersarang di gawang N T Dinh lewat tendangan Syaifullah. Skor 2-0 milik Indonesia hingga peluit laga pertama berakhir dibunyikan.

Pada babak kedua, tim Merah-Putih hanya memerlukan waktu dua menit untuk mencetak gol ke-3 melalui duo Rizki Xavier dan Syaifullah, Indonesia unggul 3-0 atas Vietnam.

Tensi pertandingan kembali meningkat dan pada menit ke-26, lewat aksi tunggalnya, Muhammad Sanjaya berhasil membobol pertahanan gawang Vietnam lewat tendangan keras, 4-0 unggul atas Vietnam.

Sementara itu, Vietnam terlihat memainkan skema power play namun strategi itu justri memberi kesempatan kepada Syaifullah utnuk mengobrak-abrik lini pertahanan mereka hingga berhasil mencetak gol ketiganya pada menit ke-28.

Seakan tak ingin tertinggal, Vietnam mulai mengumpulkan kekuatan untuk menyerang Timnas Indonesia dan berakhir dengan memperkecil skor jadi 1-5 pada menit ke-30.

Kendati demikian, euforia gol tersebut tak berlangsung lama sebab berselang dua menit Indonesia kembali mengungguli 6-1. Permainan power play Vietnam nyatanya berujung petaka sebab kesalahan yang mereka buat justru bermanfaat bagi Sanjaya untuk mencetak gol jarak jauh.

Kendati demikian, Vietnam bisa menambah empat gol berkat permainan power play, sementara Indonesia hanya mampu mencetak satu gol tambahan yang membuat skor akhir pertandingan menjadi 7-5.

Dalam semifinal pada Kamis 20 Juni 2019 mendatang, Indonesia berpeluang melawan pemenang pada perempatfinal lain yang mempertemukan Thailand dan Afghanistan.