Connect with us

Politik

Politikus PDIP Soal Posisi Megawati sebagai Ketum: Belum Ada Kandidat Lain, Yakin Aklamasi Lagi

Published

on

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama para elite partai. (Foto: dok. PDIP)

Geosiar.com, Jakarta – Partai PDI-Perjuangan (PDIP) dikabarkan bakal melaksanakan Kongres Ke-V pada 8-10 Agustus 2019 di Bali. Acara itu beragendakan pemilihan Ketua Umum beserta dewan pengurus pusat (DPP) partai.

Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDI, Eva Kusuma Sundari mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada kandidat lain selain Megawati Soekarnoputri yang akan maju sebagai ketua umum PDIP. Dia justru meyakini bahwa mantan Presiden ke-5 itu akan terpilih kembali sebagai ketua umum secara aklamasi.

“Belum ada [kandidat lain]. Sampai saat ini hanya nama Bu Mega yang kuat, saya yakin aklamasi lagi, seluruh daerah minta Bu Mega untuk mau menjabat Ketum lagi,” tutur Eva, Selasa (18/5/2019).

Sebelum mengadakan kongres, Eva menyampaikan bahwa partainya itu akan menggelar rakernas terlebih dahulu pada Rabu (19/6/2019). Rekarnas ini bertujuan untuk membahas persiapan kongres.

“Rakernas lusa dimulai untuk sekaligus sosialisasi kongres,” bebernya Eva.

Di sisi lain, Hasto Kristianto selaku Sekretaris Jenderal PDIP menyebut bahwa percepatan kongres V PDIP sengaja dilakukan untuk menyesuaikan dengan agenda pemerintahan. Selain itu, percepatan ini dilakukan untuk menyusun seluruh agenda strategis pascapemilu 2019.

“Dan sebagai langkah pre-emtive bagi tugas Ideologis-strategis Partai ke depan. Itulah yang menjadi intisari pemikiran Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri,” sebut Hasto.

Dengan percepatan ini, PDIP menyakini bahwa struktur partai akan terkonsolidasi dengan baik setelah pelantikan resmi presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“PDI Perjuangan semakin fokus mendukung sepenuhnya jalannya pemerintahan Jokowi, karena itu mengapa konsolidasi ideologi, politik, konsolidasi struktural, dan konsolidasi program sudah dilakukan melalui gerak mendahului dalam Kongres V,” tuturnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Kongres ke-V PDIP awalnya direncanakan pada tahun 2020 mendatang.