Connect with us

Nasional

Hary Tanoesudibjo Beli Rumah Mewah Donald Trump Seharga Rp193 M

Published

on

Hary Tanoesudibjo Akui Beli Rumah Mewah Donald Trump Rp193 M

Geosiar.com, Jakarta – Pemilik MNC Hary Tanoesudibjo mengaku membeli salah satu properti mewah punya Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Yaitu rumah mewah di Baverly Hills, California, AS.

Hary Tanoe menuturkan bahwa ia membeli rumah mewah tersebut melalui perusahaan pribadinya, Hillcrest Asia Limited. Kini katanya transaksi tersebut sudah selesai dilakukan.

“Benar, melalui perusahaan pribadi saya, Hillcrest Asia Limited,” ujar Hary Tanoe kepada awak media, Selasa (18/6/2019).

Akan tetapi, dirinya tidak merinci waktu penyelesaian transaksi pembelian rumah tersebut. Ia hanya menyebut sumber dana pembelian properti tersebut berasal dari kantong pribadinya. Selanjutnya rumah mewah tersebut akan menjadi investasi pribadinya.

Informasi mengenai pembelian Donald Trump oleh HT pertama kali menyebar melalui berita Washingtonpost. Surat kabar itu mengatakan bahwa perusahaan milik Donald Trump dikabarkan menjual salah satu propertinya berbentuk rumah mewah di Baverly Hills kepada pemilik Hary Tanoe.

Sebuah fakta yang terdaftar di kantor pemerintahan bagian Los Angeles (LA) pada 31 Mei lalu menyatakan Putra Tertua Trump, Donald Trump Junior menandatangani properti tersebut melalui Hilcrest Asia Ltd, sebuah perusahaan yang terdaftar di Kepulauan Virginia Britania Raya.

Alamat pembeli yang tertera dalam akta tersebut merupakan kondominium Beverly Hills yang dimiliki oleh perusahaan milik pengusaha Indonesia itu.

Harga penjualan rumah sebesar US$13,5 juta atau Rp193 miliar (asumsi rupiah Rp14.300 per Dolar AS), hampir dua kali lipat dari yang dibayarkan Trump saat rumah tersebut dibeli pada 2007. Berdasarkan data Badan Pertanahan wilayah Los Angeles, Trump membeli rumah tersebut seharga US$7 juta pada 2017.

Sebelumnya, pada tahun lalu harga rumah mewah itu bernilai sekitar US$8,3 juta. Hary Tanoe adalah mitra bisnis Trump pada dua proyek di Indonesia, yakni resor di Bali dan lapangan Golf serta resor di hutan Jawa Barat. Kedua proyek diperkirakan bernilai lebih dari US$500 juta.