Connect with us

Politik

DPRD Medan Tuding Walikota Medan Lemah Kelola Anggaran

Published

on

Medan, Geosiar.com – Adanya Selisih Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) pengunaan anggaran TA 2018 Pemko Medan sebesar Rp 67,31 miliar mendapat sorotan dari anggota dedan. Sekretaris Komisi I DPRD Medan, Muhammad Nasir menyayangkan terjadinya SILPA sebagai bukti Walikota Medan lemah kelola anggaran.

“SILPA sebesar Rp67 miliar lebih itu bukti Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin gagal mengelola APBD,” ujar M Nasir (foto) usai sidang paripurna penyampaian nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Laporan Pertanggungjawaban (LPj) penggunaan APBD 2018 di gedung DPRD Medan, Senin (17/6/2019).

Menurutnya, Rp 67 miliar bukanlah angka yang kecil. Sebab, dengan uang sebanyak itu banyak hal sebenarnya yang bisa dilakukan oleh Pemko Medan.

Selain itu, ia memprediksi ada perencanaan yang salah diawal. “Ini catatan penting bagi Dzulmi Eldin dalam memimpin bawahannya. Kenapa kegiatan yang sudah dianggarkan tidak mampu direalisasikan,” tegasnya.

Fraksi PKS, lanjut dia, akan meminta data Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mana saja yang serapan anggarannya minim. Sehingga terjadi SILPA hingga Rp 67 miliar lebih. “Dalam mengelola keuangan internal saja sudah buruk apalagi yang lain,” tuturnya.

Seperti diberitakan  saat menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Laporan Pertanggungjawaban (LPj) 2018 tercatat jumlah SILPA mencapai Rp 67,31 miliar.

“Kita mencatat masih ada beberapa kekurangan yang lebih bersifat administratif dalam pengelolaan keuangan dalam rangka efektifitas dan efesiensi,” ujar Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin saat menyampaikan LPj. (lamru)