Connect with us

Lifestyle

Begini Cara Bedakan Depresi dengan Suasana Hati yang Buruk

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Hingga kin belum ada ukuran untuk penyakit mental, misalnya depresi. Tiap satu orang dengan orang lainnya yang alami depresi dapat terjadi secara berbeda.

Untuk kamu yang masih bingung cara membedakan antara depresi dengan suasana hati yang buruk. Berikut akan dibahas perbedaannya, seperti dikutip dari purewow.com, Senin (17/6/2019).

Tanda dari suasana hati yang buruk

Perasaan ini umumnya ditandai dengan meningkatnya tingkat amarah dan kesedihan. Kemarahan sebenarnya bisa disebabkan oleh faktor eksternal, seperti tidak cukup tidur, kekurangan vitamin D, alergi, pola makan yang buruk, dan PMS.

Indikator dari suasana hati yang buruk adalah perasaan tersebut muncul, lalu menghilang. Kamu akan kembali bisa fokus kerja dan menjalani kehidupan seperti biasa, tidak seperti depresi.

Tanda dari depresi

Berbeda dengan suasana hati yang buruk, depresi merupakan keadaan suasana hati yang buruk, akan tetapi dalam jangka waktu yang lebih lama. Kamu berasa tidak berharga, sedih, bersalah, dan tidak tertarik terhadap apapun.

Jangan salah, banyak orang memiliki kehidupan sosial, karier, dan keluarga yang sukses. Menurut penelitian, seseorang yang memiliki depresi justru akan terlihat baik- baik saja, namun secara internal, mereka berusaha sangat keras untuk bangkit dan mempertahankan semua hubungan, serta perannya.

Apabila ada perubahan pada kebiasaan tidur, makan, kurangnya motivasi, perasaan hampa, harga diri rendah, dan keragu-raguan yang terjadi hampir setiap hari tanpa alasan bisa dijadikan indikasi dari depresi.

Orang yang mengalami ini merasa memiliki suasana hati yang buruk dalam waktu lama? Tidak ada salahnya jika berkonsultasi dengan psikiater.