Connect with us

Lifestyle

5 Cara Cerdas Hemat Saat Belanja Makanan Sehat

Published

on

Ilustrasi berbelanja makanan sehat

Geosiar.com, Life Style — Berbelanja makanan sehat terkadang lebih mahal dibandingkan membeli makanan-makanan tidak sehat. Berikut ada beberapa tips agar berbelanja sehat bisa murah sehingga para ibu tetap bisa menabung.

1. Perhatikan Selisih Harga Produk

Agar pengeluaran sedikit lebih terkontrol sebelum membeli coba bandingkan harga produk yang sama dengan brand yang lain, atau untuk yang lebih murah lagi bandingkan dengan harga di toko lain.

2. Beralih Ke Ikan

Jika biasanya selalu membeli daging merah yang harganya cukup mahal, coba lah beralih ke daging ikan misalnya dua kali seminggu.

Selain harganya sedikit lebih murah, Ikan juga mengandung banyak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Mengganti Bahan Resep

Biasanya ketika ingin membuat makanan baru, hampir semua resep pada petunjuk dibeli dan langsung dibeli dalam ukuran yang besar.

Padahal untuk penghematan bisa menggunakan ukuran yang kecil atau mengganti dengan bahan makanan yang harganya lebih murah tapi memiliki kegunaan yang sama.

4. Jangan Terlalu Banyak Beli Makanan Instant

Dibandingkan makanan instan, makanan yang dimasak sendiri walaupun persiapannya membutuhkan lama ternyata lebih hemat.

Misalnya saja bandingkan nasi dan mie instan, nasi memberikan efek lebih kenyang dibandingkan mie sehingga sisa nasi bisa dimakan di waktu berikutnya.

5. Periksa Kembali Keranjang Belanja Sebelum Membayar

Membuat daftar belanjaan penting untuk melalukan penghematan, karena bisa dijadikan acuan sebelum pembayaran. Sehingga sebelum membayar, pembelian bahan makanan yang tidak ada di prioritas bisa dibatalkan.