Connect with us

Sumut

Rajut Silatuhrahmi, Dispen Sergai Gelar Halal Bihalal

Published

on

Dispen Sergai Gelar Halal Bihalal

Geosiar. Com, Sergai – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Drs. Joni Walker Manik M.Si gelar acara halal bihalal, di kediamannya di Dusun II Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Jumat (14/6/2019).

Kegiatan yang hadiri oleh ribuan orang ini guna merajut silaturahmi dan saling memaafkan ke Fitrah kembali. Tampak Drs. Joni Walker Manik mengulurkan kedua tangan bersalaman kepada para tamu dengan antrian yang tertib.

Menurutnya, halal bi halal ini menjadi suatu kegiatan yang sangat positif dan telah menjadi tradisi bagi umat muslim dan sebagai jembatan untuk saling memaafkan kesalahan. Hal itu mendorong semua pihak masyarakat dan lingkungan dinas pendidikan meringankan langkah dengan bahagia datang memadati halaman rumah Kadis Pendidikan.

Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Waka Kapolres Sergai, Wakil Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan para anggota DPRD Sergai,serta  para tokoh Agama.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Pendidikan Sergai  mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang hadir dan bersilaturahmi di kediamannya.

“Kegiatan ini memang setiap tahun digelar. Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal ini, kita bisa melebur kesalahan dengan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasi,” katanya.

Dijelaskan Joni, Halal bi Halal menggiring masyarakat untuk kembali kepada ampunan Allah yang sangat luas.

“Itulah makna hakiki dari kalimat Minal A`idhin wal Faizin yang artinya “Semoga kita kembali kepada fitrah dan menang melawan hawa nafsu,” ujarnya.

Terkadang sebut Kadis, karena ucapan  atau tingkah laku dan faktor lainnya terbesit rasa dendam dan iri hati.

“Mari kita singkirkan penyakit-penyakit pengotor hati itu dalam momentum Halal bi Halal. Tidak ada lagi kedengkian. Kita ganti dengan kelapangan jiwa, obati kesombongan dengan kerendah-hatian. Mari kita buang jauh -jauh permusuhan dan kita isi dengan persaudaraan dan kekompakan diantara kita terutama di lingkungan Dinas Penfidikan Sergai,” pesan Joni. (art)