Connect with us

Nasional

Soal Kerusuhan Aksi 22 Mei, Wiranto Minta Masyarakat Sabar

Published

on

Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto,

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto meminta masyarakat lebih bersabar terkait pengungkapan dalang kerusuhan pada aksi 21-22 Mei 2019 lalu.

Sebelumnya, Wiranto pernah berjanji akan mengungkap satu demi satu siapa dalang kerusuhan tersebut. Kendati demikian, dia meminta supaya janji itu tidak disalahartikan sebagai pengungkapan kejadian yang instan.

“Jadi jangan sampai disalahtafsirkan bahwa langsung dalang kerusuhan dalam 1-2 hari bisa diungkapkan, tidak bisa. Masyarakat saya harap bersabar,” tutur Wiranto di kantornya, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Wiranto menyampaikan bahwa proses pengungkapan itu masih membutuhkan waktu yang lama sehingga sekarang ini waktunya masih belum tepat untuk merilis kembali nama pelaku kerusuhan.

“Karena ini masih panjang, makanya tuntutan kepada saya untuk mengumumkan dalang kerusuhan terlalu prematur ya,” papar Wiranto.

Oleh karena itu, Wiranto mengimbau kepada masyarakat agar berhenti mengintervensi proses hukum yang sedang berjalan.

“Biarkan proses hukum berjalan. Hormati proses hukum yang sedang berjalan sekarang sampai tuntas nanti. Enggak usah diintervensi,” tandasnya.

Sejauh ini, polisi baru menyebut dan menetapkan status tersangka dalang kerusuhan 22 Mei, yakni Kivlan Zen dan Habil Marati.