Connect with us

Pilpres 2019

Sore ini, Bawaslu Serahkan Jawaban Gugatan Prabowo ke MK

Published

on

Komisioner Bawaslu M Afifudin (Kumparan)

Geosiar.com, Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sudah selesai menyusun jawaban keterangan untuk menghadapi gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Direncanakan pada hari ini, Rabu (12/6/2019) sore, pihak Bawaslu akan langsung menyerahkan jawaban itu ke MK.

“Kita sudah selesai menyusun jawaban untuk sengketa Pilpres 2019. Sore ini pukul 15.00 WIB kita akan serahkan jawaban ke MK,” tutur Komisioner Bawaslu M Afifudin, Rabu (12/6/2019).

Afif megungkapkan, Bawaslu RI terus berkoordinasi dengan Bawaslu daerah selama menyusun jawaban. Sehingga Bawaslu yakin jawaban mereka dalam persidangan dapat dipertanggungjawabkan. Ia mengaku, saat menyusun jawaban dikoordinir oleh Fritz selaku divisi hukum.

Afif menambahkan, Ketua Bawaslu Abhan dan seluruh komisioner Bawaslu direncakan akan hadir di MK saat menyerahakan jawaban. Namun hal itu masih menyesuaikan dengan jadwal persidangan di Bawaslu.

“Rencana semua tetapi juga tergantung sidang-sidang di kami nanti sore. Jika masih ada sidang tentu tidak bisa semua,” tutur Afif.

Komisioner Bawaslu lainnya Fritz Edward Siregar menyebut jawaban yang bakal dipresentasikan tersebut berisi hal-hal apa saja yang sudah dilakukan oleh Bawaslu. Mulai dari tahapan sebelum hingga sesudah pemilu.

“Kami sampaikan berapa penanganan yang sudah kami lakukan, berapa netralitas ASN yang sudah kami laporkan, berapa pelanggaran pidana, fungsi pencegahan yang kita lakukan, fungsi misalnya berapa putusan pengadilan dalam proses yang yang sudah masuk ke pengadilan. Nah, itu kan kami sampaikan,” imbuh Fritz.