Connect with us

Pilpres 2019

Sore ini, Bawaslu Serahkan Jawaban Gugatan Prabowo ke MK

Published

on

Komisioner Bawaslu M Afifudin (Kumparan)

Geosiar.com, Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sudah selesai menyusun jawaban keterangan untuk menghadapi gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Direncanakan pada hari ini, Rabu (12/6/2019) sore, pihak Bawaslu akan langsung menyerahkan jawaban itu ke MK.

“Kita sudah selesai menyusun jawaban untuk sengketa Pilpres 2019. Sore ini pukul 15.00 WIB kita akan serahkan jawaban ke MK,” tutur Komisioner Bawaslu M Afifudin, Rabu (12/6/2019).

Afif megungkapkan, Bawaslu RI terus berkoordinasi dengan Bawaslu daerah selama menyusun jawaban. Sehingga Bawaslu yakin jawaban mereka dalam persidangan dapat dipertanggungjawabkan. Ia mengaku, saat menyusun jawaban dikoordinir oleh Fritz selaku divisi hukum.

Afif menambahkan, Ketua Bawaslu Abhan dan seluruh komisioner Bawaslu direncakan akan hadir di MK saat menyerahakan jawaban. Namun hal itu masih menyesuaikan dengan jadwal persidangan di Bawaslu.

“Rencana semua tetapi juga tergantung sidang-sidang di kami nanti sore. Jika masih ada sidang tentu tidak bisa semua,” tutur Afif.

Komisioner Bawaslu lainnya Fritz Edward Siregar menyebut jawaban yang bakal dipresentasikan tersebut berisi hal-hal apa saja yang sudah dilakukan oleh Bawaslu. Mulai dari tahapan sebelum hingga sesudah pemilu.

“Kami sampaikan berapa penanganan yang sudah kami lakukan, berapa netralitas ASN yang sudah kami laporkan, berapa pelanggaran pidana, fungsi pencegahan yang kita lakukan, fungsi misalnya berapa putusan pengadilan dalam proses yang yang sudah masuk ke pengadilan. Nah, itu kan kami sampaikan,” imbuh Fritz.

pemilu 2019

Oposisi Berpeluang Gabung Koalisi Jokowi, Paloh: Jaga Kesepakatan

Published

on

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh.

Geosiar.com, Jakarta – Isu peluang bergabungnya partai politik (parpol) pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Gerindra ke parpol koalisi Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin semakin santer terdengar. Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh pun ikut berkomentar atas isu tersebut.

Paloh mengatakan bahwa penentu keputusan bergabungnya parpol non-koalisi tersebut harus berdasarkan pada kesepakatan bersama dari seluruh partai koalisi pengusung. Sebab, keputusan itu merupakan kesepakatan bersama.

“Kalau keputusan tetap kita konsisten harus keputusan di antara seluruh parpol koalisi, harus dirundingkan. Harus dirundingkan artinya saya menjaga kesepakatan apa pun, itu tugas saya,” kata Surya Paloh di DIY pada Selasa (30/7/2019).

Menurut Paloh, keputusan untuk menerima parpol oposisi bergabung ke koalisi tidak boleh dengan keterpaksaan. Ia menegaskan jika semua parpol koalisi sudah bersepakat, maka tak ada pihak yang dirugikan atau pun merusak kesolidan koalisi. Oleh karena itu, ia meminta agar seluruh parpol koalisi harus lebih dulu solid sebelum partai oposisi bergabung.

“Kita jaga dahulu, kalau kita sepakat mana ada yang rusak. Kalau rusak, itu ada yang tidak sepakat dalam kesepakatan karena keterpaksaan. Menerima dengan keterpaksaan itu tak boleh,” lanjut Paloh.

Dia menambahkan bahwa koalisi parpol pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin telah berhasil memenangkan Pilpres 2019. Pada akhirnya hasil itu harus disyukuri karena hasil kerja keras bersama.

“Saling membesarkan hati satu sama lain dan mensyukuri perjuangan memenangkan pak Jokowi dalam kompetisi yang cukup keras itu sudah selesai. Dan hasilnya masyarakat beri mandat pak Jokowi sebagai Presiden terpilih, harus disyukuri parpol pengusung,” ucapnya.

Kabar gabungnya Gerindra muncul usai pertemuan antara Prabowo dan Jokowi, serta Prabowo dan Megawati beberapa waktu lalu. Pengamat memprediksi pertemuan ketiga tokoh dalam dua kesempatan berbeda itu juga membahas soal koalisi.

Continue Reading

Pilpres 2019

Polisi Serahkan Perusuh 21-22 Mei ke Kejati DKI Jakarta

Published

on

Ilustrasi Kerusuhan 22 Mei

Geosiar.com, Jakarta – Penyidik Polda Metro Jaya menyerahkan tersangka serta barang bukti terkait kasus kerusuhan dan pengerusakan pada aksi 21-22 Mei 2019 lalu, ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Dari 334 tersangka, penyidik menjadikan 106 berkas.

“Hari ini kita kirim barang bukti dan tersangka ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Ada 334 tersangka seluruhnya kita serahkan,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/7/2019).

Tahap akhir sudah selesai, polisi mengucapkan terimakasih kepada pihak Kejaksaan.

“Kami mau ucapkan terimakasih kepada Kejati yang telah hadir di sini untuk menerima tahap kedua, karena berkas yang sudah kita kirimkan sebanyak 106 berkas, itu sudah dinyatakan P21, lengkap secara formil maupun materiil dan hari ini,” ungkap Argo.

“Penyerahan dilakukan di sini ya, kejaksaannya datang ke sini untuk memeriksa berkas P21. Alasannya, karena tersangka (aksi 21-22 Mei) banyak dan berkas banyak. Kita mengucapkan terimakasih jaksa menerima tahap kedua,” tambah Argo.

Lanjut Argo, kendati telah lengkap, para tersangka tetap berada di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya. Sebab, Kejaksaan menitipkannya.

Continue Reading

Pilpres 2019

Bertemu Menlu Singapura, Jokowi Raih Ucapan Selamat Menang Pilpres

Published

on

Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Menlu Singapura

Geosiar.com, Bogor – Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo atau bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan di Istana Bogor. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Vivian mengucapankan selamat kepada Jokowi yang berhasil memenangi Pilpres 2019.

Didampingi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pertemuan ini digelar secara tertutup di ruang kerja Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Setelah pertemuan, Retno mengatakan di awal pembicaraan Vivian menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah bersedia bertemu. Tak lupa Vivian juga menyampaikan selamat kepada Jokowi.

“Menlu Singapura menyampaikan sekali lagi ucapan selamat kepada presiden atas hasil pemilu dan proses pemilu yang sudah berjalan dan sudah ditetapkan oleh MK,” ungkap Retno.

Retno menambahkan, Vivian juga memuji kepemimpinan di Indonesia. Sebagai negara tetangga, Singapura menghargai kepemimpinan Jokowi.

“Menlu Singapura menyampaikan ‘Indonesia shall be congratulated’ dan mereka juga sangat menghargai leadership Indonesia,” ungkapnya.

Pertemuan itu juga membahas soal rencana pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Pertemuan itu dijadwalkan akan dilakukan tahun 2019 ini.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com