Connect with us

Kesehatan

WHO Catat Satu Juta Orang Tertular Infeksi Penyakit Seksual Setiap Harinya

Published

on

Ilustrasi Infeksi Menular Seksual (IMS).

Geosiar.com, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat sekitar satu juta orang menderita ‘Infeksi Menular Seksual’ (IMS) setiap harinya. Pernyataan tersebut disampaikan dalam laporan terbaru pada 6 Juni 2019.

IMS ini umumnya diderita orang dengan kelompok usia 15 sampai 49 tahun. WHO mengatakan, infeksi itu terdiri dari empat jenis yakni klamidia, gonorea, trikomoniasis, dan sifilis. Hal itu diungkapkan setelah mendiagnosis sebanyak 376 juta penderita IMS di setiap tahunnya.

Executive Director for Universal Health Coverage and the Life-Course WHO, Dr Peter Salama mengatakan bahwa upaya yang dilakukan untuk memerangi penyebaran IMS masih sangat minim.

“Ini adalah seruan untuk upaya terpadu memastikan semua orang, di mana saja, bisa mengakses layanan yang mereka butuhkan untuk mencegah dan mengobati penyakit melemahkan ini,” tutur Salama dilansir dari laman resmi who.int paada Selasa (11/6/2019).

Pada 2016, WHO mencatat ada 376,4 juta kasus IMS yang menyerang pria dan wanita berusia 15 sampai 49 tahun. Kendati demikian, berdasarkan hasil analisis dari 100 studi yang dilakukan antara 2009 dan 2016, WHO mengungkapkan bahwa infeksi itu bisa disembuhkan pada seseorang yang berusia 15 hingga 49 tahun.

Pada wanita, Trikomoniasis menyebabkan infeksi paling tinggi yang memengaruhi sekitar 5 persen dari semua wanita di seluruh dunia. Sedangkan pada pria, Klamidia merupakan infeksi paling umum yang memengaruhi hampir 3 persen dari populasi pria di dunia.

Sebagai informasi, IMS merupakan infeksi yang biasanya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Penularannya bisa melalui cairan tubuh, baik sperma, cairan vagina, atau darah.

Selain itu, IMS juga bisa ditularkan melalui jarum suntik yang dipakai berulang atau bergantian dengan orang yang berisiko menularkan infeksi.

Akan tetapi, orang yang belum pernah melakukan aktivitas seksual juga berisiko terkena infeksi menular seksual. Misalnya, dengan menggunakan alat mandi (seperti handuk) yang sama/bergantian dengan orang yang terkena IMS.

Untuk itu, pemberian pendidikan seksual bisa menjadi alternatif jitu untuk mencegah infeksi menular seksual pada seseorang. Selain itu, menjaga kebersihan organ intim, baik pada laki-laki maupun perempuan, pun turut membantu penyebaran infeksi ini. Yang terpenting adalah mengatur pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan seksual dan reproduksi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Ini Dia Daftar Makanan Ajaib Pencegah Pikun

Published

on

Lauk pauk dan sayuran cegah penyakit pikun

Geosiar.com, Life Style– Istilah pikun yang sering kita gunakan adalah untuk merujuk pada daya ingat yang sering kali menurun seiring bertambahnya usia. Ternyata jika dibiarkan memburuk, pikun akan membawa kita pada penyakit demensia, Alzheimer, atau penurunan fungsi kognitif pada otak.

Nah, cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pikun ini adalah dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Untuk diketahui beberapa jenis makanan tertentu juga disebut dapat mengurangi pikun.

Ini dia beberapa makanan yang dapat mengurangi pikun yang boleh Anda konsumsi setiap hari.

1. Buah beri

Ragam jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, dan buah acai memiliki banyak manfaat bagi otak. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan buah-buah beri ini dapat meningkatkan memori pada anak berusia 8-10 tahun dan orang dewasa.

Dikutip dari situs kesehatan Very Well Health, sebuah studi mendapati konsumsi buah beri dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif hingga 2,5 tahun saat tua.

2. Kopi

Kafein dan kopi juga disebut memberi manfaat bagi fungsi kognitif termasuk mengingat yang dilakukan oleh otak. Kopi juga dapat mengurangi risiko perkembangan gangguan kognitif menjadi demensia.

Secara spesifik, studi juga menunjukkan kopi dan kafein memberikan manfaat kepada memori secara keseluruhan baik spasial dan memori yang bekerja.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin yang memacu peningkatan fungsi otak. Sebuah penelitian pada orang berusia 58-99 tahun menunjukkan konsumsi kangkung dapat membuat usia kognitif mereka 11 tahun lebih muda.

Penelitian lain juga menemukan kadar folat atau vitamin B9 yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dapat mengurangi risiko pikun dan demensia.

4. Kacang             

Konsumsi kacang-kacangan juga dapat mengurangi risiko pikun. Riset menunjukkan kacang-kacangan dapat meningkatkan ingatan dan mengingat pada orang dengan fungsi kognitif normal.

Pada orang yang sudah memiliki penyakit Alzheimer, kacang-kacangan juga terbukti dapat meningkatkan daya ingat mereka.

5. Ikan

Kandungan asam lemak omega 3 yang ditemukan pada beberapa jenis ikan juga baik untuk kesehatan otak. Asam lemak omega 3 ini dapat menunjang ingatan dan fungsi kognitif.

Asam lemak ini dapat ditemukan pada ikan salmon, tuna, dan sarden.

6. Kayu manis

Kayu manis dapat meningkatkan kemampuan otak membersihkan diri dari penumpukan protein yang disebut berhubungan dengan Alzheimer.

Kayu manis juga dapat meningkatkan daya ingat. Studi bahkan menunjukkan hanya dengan mencium bau kayu manis saja dapat meningkatkan ingatan. Kayu manis juga memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk otak dan tubuh.

Continue Reading

Daerah

Korban Penganiayaan Diberastagi Berharap Kapolres Karo Segera Menindak Pelaku

Published

on

foto : Pelaku, Firman natal Tarigan (berkacamata) saat melakukan penganiayaan didalam mobil terhadap iman (korban) diberastagi. (istimewa)

Geosiar – Tanahkaro – Telah terjadi Penganiayaan dengan ancaman pembunuhan terhadap beberapa orang yang sedang melintas di jalan jamin ginting berastagi, tepatnya didepan seputaran sekolah SMA Negri 1 Berastagi sekira pukul 09.00 Wib (29/5).

Berdasarkan informasi yang didapat geosiar.com, Korban atas nama Supirmansah, umur 20 tahun, penduduk tanjung belang kecamatan tiganderket kabupaten karo bersama dua orang saksi yang melihat dan mengalami kejadian kasus penganiayaan dengan ancaman pembunuhan tersebut telah melaporkan Firman Natal Tarigan kepada pihak kepolisian resor tanahkaro (29/5) sekira pukul 20.00 Wib di SPKT Polres Karo dengan laporan polisi no LP/323/V/2019/SU/RES T.KARO.

Usai korban melakukan pembuatan laporan polisi, Korban dan para saksi saat dimintai keterangan oleh awak media diseputaran kantor Polres Karo menuturkan ” benar bang ada kejadian penganiayaan didalam mobil terhadap korban ” (iman) saat kami dalam perjalanan dari kabanjahe menuju Medan bersama korban dan saksi (FS), ucap angga.

Lanjutnya lagi, kejadian penganiayaan terjadi saat laju mobil yang saya supiri dihentikan oleh pelaku Firman Natal Tarigan dijalan jamin ginting berastagi (29/5), sekira pukul 09.00 Wib. dan pelaku menyuruh saya untuk menghentikan laju kendaraan yang kami tumpangi bertiga, ujar Angga supir kendaraan yang disewa oleh Fs dan korban.

Saat Angga dipertanyakan mengapa mau menghentikan laju mobil sesuai permintaan pelaku, Angga mengatakan karena aku mengenal pelaku dan takut terus dilakukan pengejaran bila tidak berhenti dan dapat membahayakan mobil yang saya kendarai, saya hanya supir bng, ujar Angga.

Korban menambahkan ucapan Angga dengan mengatakan “saya tidak mengetahui tiba tiba pelaku (Firman) mendatangi mobil langsung marah marah dan saya tidak mengerti mengapa saya dianiaya secara keji oleh pelaku didalam mobil yang saya tumpangi, saya dipukuli secara bertubi tubi dibagian wajah, mulut, kepala, lengan dan punggung, serta bahu saya digigit juga oleh pelaku, tutur pria gemulai yang keseharianya sebagai pegawai salon tersebut.

Selanjutnya saya melarikan diri dengan menaiki anggkutan umum PO sigantang dan langsung berobat sembari melakukan Visum et repertum (Ve.r) di RSU Kabanjahe, Phone Seluler milik saya juga dirusak dengan cara dibanting ke aspal hingga pecah dan tidak dapat dipergunakan lagi, saya mengalami kerugian dan sangat takut pada pelaku yang sangat berniat akan mengulangi penganiayaan ini, jelas korban.

Pelaku berulang mengucapkan akan membunuh saya, makanya saya laporkan kepada kepolisian polres karo agar pelaku dapat diproses secara hukum, saya sangat berharap kepada Kapolres Karo dapat segera menindak pelaku sebelum terjadi niat pelaku yang berkeinginan untuk membunuh saya, harap pemuda yang selalu berprilaku menyerupai wanita tersebut./Edy surbakti.

Continue Reading

Kesehatan

Ini yang akan Terjadi Bila Konsumsi Kacang Berlebihan

Published

on

Ilustrasi kacang

Geosiar.com, Lifestyle – Kacang merupakan salah satu jenis polong-polongan yang digemari banyak masyarakat. Kacang juga bisa dijadikan camilan yang memiliki rasa yang gurih dan renyah, hingga sulit untuk menjauhkannya dari kehidupan kita. Sebagian orang mengaku ketagihan makan kacang, apalagi saat mengobrol dan menonton televisi.

Walaupun dikenal sebagai camilan sehat, pakar kesehatan mengatakan bahwa makan kacang berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Seperti diketahui, apapun jika dikonsumsi secara berlebihan berdampak negatif.

Berikut ini sejumlah dampak yang akan dialami apabila mengonsumsi kacang secara berlebihan seperti dikutip dari doktersehat.com.

Menyebabkan gangguan pencernaan

Beberapa orang mengaku mengalami sensasi perut kembung usai makan kacang. Berdasarkan pakar kesehatan, hal tersebut ternyata cukup wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh keberadaan senyawa bernama tanin dan phytates di dalam kacang yang cenderung sulit untuk dicerna oleh tubuh. Hal inilah yang akhirnya membuat datangnya masalah perut kembung.

Tak hanya itu, jika mengonsumsi kacang yang digoreng, maka kita pun akan mengonsumsi lemak dalam jumlah yang cukup banyak. Padahal, lemak bisa menyebabkan pencernaan berjalan dengan lebih lambat dan akhirnya membuat gangguan pencernaan seperti perut kembung atau begah.

Bisa menyebabkan kenaikan berat badan

Kacang sebenarnya termasuk dalam makanan yang tinggi kandungan serat dan protein. Banyak orang yang menjadikan kacang sebagai makanan untuk program diet, namun pakar kesehatan menyebut kacang harus dikonsumsi dengan porsi yang tepat, bukannya berlebihan. Jika kita memakannya dengan jumlah yang banyak atau terlalu sering, maka berat badan akan naik.

Hal tersebut disebabkan oleh kadar kalori di dalam kacang yang sebenarnya cukup banyak. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi kacang almond sejumlah satu ons saja, maka kita sudah mengonsumsi 163 kalori. Padahal, terkadang kita mengonsumsinya lebih dari jumlah tersebut.

Menyebabkan kerontokan rambut

Dampak ini memang masih menjadi hal yang kontroversial dan memicu perdebatan banyak pakar kesehatan, namun ada sebuah penelitian yang menyebut kebiasaan terlalu banyak makan kacang-kacangan berjenis kacang brasil bisa menyebabkan dampak seperti kerontokan rambut, bau mulut, nyeri pada otot dan persendian, hingga kuku yang menjadi semakin rapuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan selenium di dalam kacang brasil yang cukup tinggi.

Jika kita makan delapan butir kacang brasil saja, maka kita sudah mengonsumsi selenium dengan jumlah 10 kali lebih banyak dari batasan aman. Karena alasan inilah kita memang sebaiknya tidak mengonsumsi kacang jenis ini dengan sembarangan.

Kelebihan asupan vitamin E

Kacang almond termasuk dalam camilan yang baik bagi kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan zat besi, kalsium, magnesium, zinc, serta vitamin B dan vitamin E. Sayangnya, jika kita mengonsumsi kacang almond sebanyak 100 gram saja, maka hal ini akan membuat kita kelebihan asupan vitamin E.

Sebagai informasi, di dalam kacang almond dengan jumlah tersebut sudah memiliki 25 miligram vitamin E atau 10 miligram lebih banyak dari kebutuhan harian vitamin E. Masalahnya adalah kebanyakan vitamin E bisa menyebabkan efek seperti diare, tubuh yang lemah, hingga gangguan penglihatan.

Keracunan

Jika makan kacang berlebihan khususnya almond juga bisa menyebabkan efek keracunan meskipun dampak ini tergolong jarang terjadi. Hanya saja, kita memang sebaiknya mewaspadai keberadaan asam hidrosianat di dalam kacang almond yang bisa memicu gangguan pernapasan, gangguan pada sistem saraf, atau bahkan tersedak. Kandungan ini biasanya ditemukan pada kacang almond yang memiliki rasa pahit.

Walaupun rasanya enak, ada baiknya memang kita tidak berlebihan dalam makan kacang dan memvariasikan camilan ini dengan camilan sehat lainnya seperti buah-buahan saja demi menjaga kesehatan tubuh.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com