Connect with us

Sumut

Pasca Cuti Lebaran, Kehadiran Pegawai Pemkab Sergai Capai 93,5 Persen

Published

on

Bupati Sergai, H Soekirman memberi kata sambutan saat menggelar sidak dan monitoring kehadiran hari pertama kerja pasca cuti bersama, Senin (10/6/2019). (Foto: art/geosiar.com)

Geosiar. com, Sergai – Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dan Darma Wijaya menggelar sidak dan monitoring pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah di Kantor Dinas Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, Senin (10/6/2019) sekitar pukul 08.00 WIB.

Adapun lokasi tujuan digelarnya sidak dan monitoring yaitu Kantor Camat Perbaungan, Dinas Perhubungan, Dinas Pora Parbud, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Sosial, serta Dinas Perindag.

Dari sidak yang dilakukan di seluruh kantor dinas Pemkab Sergai, kehadiran pegawai yang meliputi ASN dan Tenaga Kontrak pada hari pertama kerja setelah cuti bersama mencapai 95,3 persen.

Saat sidak, Bupati Soekirman 

menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H kepada seluruh pegawai yang merayakannya. Kemudian, dia pun turut menyampaikan harapan baru untuk kemajuan daerah yang dipimpinnya itu.

“Semoga Kabupaten Sergai yang kita cintai ini selalu dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari marabahaya. 

Alhamdulillah, hingga saat ini tingkat kecelakaan lalu lintas sangat kecil dan kita berharap masyarakat yang menggunakan jalan dapat sampai tujuan dengan selamat, sehat serta tidak kurang suatu apapun,” tuturnya saat kata sambutan.

Selain itu, sang Bupati sempat menyindir persoalan sampah yang kerap melanda Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat itu. Dia mengimbau kepada seluruh ASN dan Tenaga Kontrak agar turut berpartisipasi dalam kebersihan lingkungan serta menjadi pedoman bagi masyarakat atas pola hidup disiplin.

“Setelah berjalan ke beberapa daerah, ternyata kondisi kita saat ini dalam keadaan darurat sampah plastik. Pola hidup masyarakat yang belum disiplin dalam menyikapi permasalahan sampah, seperti masih membuang sampah sembarangan, menggunakan popok bayi tidak ramah lingkungan yang sulit didaur ulang, serta hal lainnya yang justru membuat volume sampah semakin mengkhawatirkan,” tuturnya.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama memberikan perhatian khusus kepada lingkungan sekitar dan objek wisata yang kita banggakan agar dijaga kebersihannya. Dari dusun, desa, kecamatan hingga seluruh penjuru Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat membuat Gerakan Lobang Sampah (GLS) dilingkungan rumah kita sendiri yang nantinya sampah rumah tangga dapat mudah dibakar dan didaur ulang dan tidak menimbulkan pencemaran udara serta menimbulkan permasalahan kesehatan,” lanjutnya.

Dia meyakini, bila seluruh elemen masyarakat mematuhi peraturan itu, maka sekitar 60 persen permasalahan sampah dapat diminimalisir.

Bagi para ASN dan Tenaga Kontrak yang hadir pada hari pertama kerja setelah cuti bersama, Bupati pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dedikasi sebagai bentuk tanggung jawab diri. 

Sementara bagi ASN dan Tenaga Kontrak yang tidak hadir, Bupati memberi kewenangan kepada BKD untuk menindak sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku. 

Di tempat berbeda, Wabup Darma Wijaya menggelar sidak di Rumah Sakit (RS) Sultan Sulaiman dan Kantor Dinas di Komplek Perumahan Bumi Sergai, RS Sultan Sulaiman, Dinas PMP2TSP, Dinas Kelautan Perikanan, Dinas P2KBP3A, Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi dan BPBD.

Dalam sambutannya, Wabup Darma mengimbau kepada seluruh Kepala OPD agar terus menjaga hubungan kekeluargaan terhadap bawahan dengan mempunyai visi dan misi yang sejalan serta profesional dalam menjalankan tugas, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang maksimal di manapun ditugaskan.

“Kita menyadari bahwa saat ini semakin sulit mendapatkan pekerjaan, maka saya ingatkan kepada ASN agar dapat menempah mental anak-anaknya menjadi wirausahawan dan jangan menjadi pencari kerja, tapi dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dengan memberi motivasi agar anak terdidik dan menjadi wirausahawan,” ucap Wabup Sergai. (art)