Connect with us

Sumut

Pasca Cuti Lebaran, Kehadiran Pegawai Pemkab Sergai Capai 93,5 Persen

Published

on

Bupati Sergai, H Soekirman memberi kata sambutan saat menggelar sidak dan monitoring kehadiran hari pertama kerja pasca cuti bersama, Senin (10/6/2019). (Foto: art/geosiar.com)

Geosiar. com, Sergai – Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dan Darma Wijaya menggelar sidak dan monitoring pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah di Kantor Dinas Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, Senin (10/6/2019) sekitar pukul 08.00 WIB.

Adapun lokasi tujuan digelarnya sidak dan monitoring yaitu Kantor Camat Perbaungan, Dinas Perhubungan, Dinas Pora Parbud, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Sosial, serta Dinas Perindag.

Dari sidak yang dilakukan di seluruh kantor dinas Pemkab Sergai, kehadiran pegawai yang meliputi ASN dan Tenaga Kontrak pada hari pertama kerja setelah cuti bersama mencapai 95,3 persen.

Saat sidak, Bupati Soekirman 

menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H kepada seluruh pegawai yang merayakannya. Kemudian, dia pun turut menyampaikan harapan baru untuk kemajuan daerah yang dipimpinnya itu.

“Semoga Kabupaten Sergai yang kita cintai ini selalu dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari marabahaya. 

Alhamdulillah, hingga saat ini tingkat kecelakaan lalu lintas sangat kecil dan kita berharap masyarakat yang menggunakan jalan dapat sampai tujuan dengan selamat, sehat serta tidak kurang suatu apapun,” tuturnya saat kata sambutan.

Selain itu, sang Bupati sempat menyindir persoalan sampah yang kerap melanda Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat itu. Dia mengimbau kepada seluruh ASN dan Tenaga Kontrak agar turut berpartisipasi dalam kebersihan lingkungan serta menjadi pedoman bagi masyarakat atas pola hidup disiplin.

“Setelah berjalan ke beberapa daerah, ternyata kondisi kita saat ini dalam keadaan darurat sampah plastik. Pola hidup masyarakat yang belum disiplin dalam menyikapi permasalahan sampah, seperti masih membuang sampah sembarangan, menggunakan popok bayi tidak ramah lingkungan yang sulit didaur ulang, serta hal lainnya yang justru membuat volume sampah semakin mengkhawatirkan,” tuturnya.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama memberikan perhatian khusus kepada lingkungan sekitar dan objek wisata yang kita banggakan agar dijaga kebersihannya. Dari dusun, desa, kecamatan hingga seluruh penjuru Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat membuat Gerakan Lobang Sampah (GLS) dilingkungan rumah kita sendiri yang nantinya sampah rumah tangga dapat mudah dibakar dan didaur ulang dan tidak menimbulkan pencemaran udara serta menimbulkan permasalahan kesehatan,” lanjutnya.

Dia meyakini, bila seluruh elemen masyarakat mematuhi peraturan itu, maka sekitar 60 persen permasalahan sampah dapat diminimalisir.

Bagi para ASN dan Tenaga Kontrak yang hadir pada hari pertama kerja setelah cuti bersama, Bupati pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dedikasi sebagai bentuk tanggung jawab diri. 

Sementara bagi ASN dan Tenaga Kontrak yang tidak hadir, Bupati memberi kewenangan kepada BKD untuk menindak sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku. 

Di tempat berbeda, Wabup Darma Wijaya menggelar sidak di Rumah Sakit (RS) Sultan Sulaiman dan Kantor Dinas di Komplek Perumahan Bumi Sergai, RS Sultan Sulaiman, Dinas PMP2TSP, Dinas Kelautan Perikanan, Dinas P2KBP3A, Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi dan BPBD.

Dalam sambutannya, Wabup Darma mengimbau kepada seluruh Kepala OPD agar terus menjaga hubungan kekeluargaan terhadap bawahan dengan mempunyai visi dan misi yang sejalan serta profesional dalam menjalankan tugas, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang maksimal di manapun ditugaskan.

“Kita menyadari bahwa saat ini semakin sulit mendapatkan pekerjaan, maka saya ingatkan kepada ASN agar dapat menempah mental anak-anaknya menjadi wirausahawan dan jangan menjadi pencari kerja, tapi dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dengan memberi motivasi agar anak terdidik dan menjadi wirausahawan,” ucap Wabup Sergai. (art)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sumut

BNNK Sergai Gelar Peringatan HANI 2019, Serukan ‘Stop Narkoba’

Published

on

BNNK Sergai saat berkampanye dengan memberikan logo ‘stop narkoba’ kepada pengendara becak bermotor yang sedang melintas di Jalinsum, Senin (24/6/2019). (Foto: art/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Menyambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada 22 Juni 2019 mendatang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar kampanye bertajuk ‘Stop Narkoba’, dengan membagikan logo dan bendera HANI kepada setiap pengendara yang melintas di Jalinsum Sergai, di depan kantor BNNK Sergai Desa Firdaus, Kecamatan Sei rampah, Senin (24/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Kepala BNNK Sergai Drs Adlin M Tambunan mengatakan bahwa kampanye ini merupakan bukti keseriusan BNNK untuk membasmi masalah narkoba di Sergai.

“Kampanye anti narkoba yang dilakukan oleh BNNK agar kiranya dapat diterima oleh masyarakat, bertujuan agar warga semakin sadar tentang bahaya narkoba sehingga menjauhinya,” tutur Adlin saat ditanya perihal kegiatan kampanye, Senin (24/6/2019).

Sesuai dengan tema HANI 2019 ‘Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas’, Adlin pun mengharapkan kaum milenial khususnya di Serga bisa jauh dari jerat narkoba. Oleh karena itu, BNN Kabupaten Sergai terus berupaya melakukan kampanye anti narkoba. 

Seperti diketahui, Kabupaten Sergai memang terkenal sebagai daerah rawan narkoba. Hal ini bisa dilihat dari adanya kampung narkoba yang terkenal sebagai sarang bagi pengedar dan pengguna obat terlarang itu. Bahkan sudah banyak yang diamankan oleh pihak kepolisian setempat. 

Untuk menekan peredaran narkoba tersebut, Adlin mengatakan jika peran BNNK sangat diperlukan dalam mencegah penyalahgunaan narkoba itu, terkhususnya kepada generasi muda. (art)

Continue Reading

Sumut

Bupati Sergai Buka Perlombaan GSI Tingkat SMP Tahun 2019

Published

on

Pembukaan perlombaan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019 di Lapangan sepak bola PT Socfindo, Kebun Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (24/6/2019). (Foto: art/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Bupati Serdang Bedagai (Sergai)  Ir H Soekirman didampingi Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya membuka acara perlombaan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019 di Lapangan sepak bola PT Socfindo, Kebun Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (24/6/2019).

Selain Bupati dan Wabup Sergai, acara ini juga dihadir Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik beserta jajarannya, Kepala BNN Sergai Adlin Tambunan, perwakilan Kajari Sei Rampah, Camat Teluk Mengkudu Parulian Siagian beserta Muspika, pimpinan Bank Sumut Cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, Manager PT Socfindo Kebun Matapao Korwil Bidang Pendidikan, Kepala Sekolah SD/SMP se-Sergai, dan peserta tim sepak bola dari 17 Kecamatan se-Sergai.

Dalam sambutannya, Soekirman dalam menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia penyelenggara, khususnya kepada Dinas Pendidikan yang telah menggelar kembali GSI untuk tahun yang ketiga kalinya sejak berganti nama dari Liga Pelajar Indonesia (LPI).

“Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan salah satu bentuk kepedulian dalam memajukan persepakbolaan di Kabupaten Sergai,” ucap Soekirman saat memberi sambutan, Senin (24/6/2019).

Melalui GSI, harap Soekirman, diharapkan lahir pemain-pemain sepak bola berbakat yang berkesempatan mendapat pembinaan lebih lanjut dan secara jangka panjang akan menjadi pesepak bola profesional bagi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, julukan Kabupaten Sergai. 

Lebih lanjut, sang Bupati memastikan sebagai pemerintah daerah yang dengan segala keterbatasan anggaran, bakal terus berusaha melakukan pembinaan secara maksimal kepada seluruh cahang olahraga, khususnya sepak bola. 

“Untuk perkembangan selanjutnya, kami hanya mengantarkan para bibit potensial tersebut sampai perbatasan Sungai Ular saja, selanjutnya mereka yang menentukan karir olahraga yang akan ditempuh selanjutnya, sebab berhasil atau tidak merekalah yang menentukan. Semoga para bibit potensial tersebut dapat membawa nama baik daerah dan nasional seperti Dimas Sumantri dan Maldini asal Sergai yang sempat masuk dalam Timnas U-16 dan meraih prestasi tingkat internasional beberapa tahun yang lalu,” sambung Soekirman.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik menyampaikan bahwa Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga sepak bola antar siswa SMP sederajat. Kegiatan ini juga sebagai wadah mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter siswa.

“GSI ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi serta pengembangan bakat dan minat siswa dalam cabang olahraga sepak bola sekaligus meningkatkan persatuan dan kesatuan antar siswa di seluruh Kabupaten Sergai,” kata Joni.

Sebagai informasi, GSI bakal dimulai pada 24 Juni hingga 13 Juli 2019. Sebanyak 16 tim yang berasal dari SMP negeri dan swasta se-Sergai mengikuti kompetisi tersebut. Babak penyisihan GSI Tahun 2019 akan dilaksanakan di dua lokasi, yakni lapangan Sepak Bola Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin dan Lapangan Sepakbola PT Socfindo Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu. (art) 

Continue Reading

Sumut

Dinas PU Medan Lakukan Pengorekan Parit Jl Amal Medan Sumggal

Published

on

Medan, Geosiar.com – Guna meminimalisir kondisi banjir di beberapa titik Kota Medan, Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan kembali melakukan pengorekan drainase, Senin (24/6/2019). Kali ini drainase di Jalan Amal, Kelurahan Sei Kambing, Kecamatan Medan Sunggal tepatnya di samping Gedung Medan Internasional Convention Center (MICC) yang menjadi fokus pengorekan.

Pengorekan drainse dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH. Sebab, orang nomor satu di Pemko Medan ingin menyahuti keluhan warga selama ini yang terganggu aktifitasnya karena terjadinya genangan air ketika hujan deras turun. Oleh karenanya Wali Kota pun merespon dnegan Dinas PU Kota Medan guna melakukan pengorekan.

Untuk mendukung kelancaran pengorekan parit, Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari menurunkan sejumlah petugas dari kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah Selatan dibantu 1 unit mobil backhoe loader mini. Kondisi parit sangat memprihatikan, sebab mengalami pendangkalan sehingga tidak mampu menampung debit air sehingga meluap menggenangi permukaan jalan maupun rumah warga ketika hujan.

Proses pengorekan berjalan lancar, tanpa kesulitan baik petugas maupun backhoe loader berhasil mengorek lumpur bercampur sampah dari dasar drainase yang mengalami pendangkalan. Hasil pengorekan selanjutnya diangkut dengan menggunakan truk  ke tempat pembuangan. Berkat kerja keras yang dilakukan, pendangkalan parit pun berhasil diatasi.

“Insya Allah pengorekan seperti ini akan terus kita lakukan sesaui dengan keinginan Bapak Wali Kota agar persoalan genangan air di Kota Medan harus diminimalisir. Oleh karenanya satu persatu parit yang tersumbat akan kita korek bersama dengan personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PGSU) kecamatan,” jelas Isya.

Di samping itu Isya pun sangat mengharapkan dukungan masyarakat sekitar. Pasca dilakukannya pengorekan, Isya berharap agar masyarakat dapat menjaganya dengan tidak buang sampah sembarangan, terutama dalam  drainase. Dipastikannya, upaya pengorekan akan sia-sia apabila kesadaran masyarakat masih kurang dan masih buang sampah ke dalam drainase. “Jika masyarakat mendukung, drainase pasti tetap berfungsi dengan baik,” ungkapnya. (lamru)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com