Connect with us

Lifestyle

Tak Disangka, Trik Ini Manjur untuk Turunkan Berat Badan

Published

on

Ilustrasi makan secara perlahan dapat menurunkan berat badan.

Geosiar.com, Lifestyle – Pernahkah kamu merasa masih lapar padahal baru saja makan dengan porsi biasa? Kalau pernah, mungkin itu dikarenakan kamu terlalu cepat hingga terburu-buru dalam mengunyah makananmu. Ahli kesehatan pun menyarankan agar makanan dikunyah 10 kali atau selama 32 detik sebelum ditelan

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal British Medical mengungkapkan fakta bahwa makan terlalu cepat dapat menimbulkan resiko obesitas tiga kali lebih besar. Oleh karena itu, seseorang disarankan untuk mengunyah makanan lebih banyak dan pelan setiap kali makan.

Selain itu, makan secara perlahan pun terbukti baik bagi kesehatan pencernaan dan yang terpenting adalah bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Untuk itu, kebiasaan makan pelan akan sangat cocok bagi kamu yang berniat untuk menurunkan berat badan, pastinya tanpa diet.

Akan tetapi, mengapa makan dengan perlahan bisa bikin cepat kenyang? Begini alasannya.

Jika kamu mengunyah makanan dengan perlahan, maka hal itu mampu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Sebab, kadar hormon antilapar yang diproduksi tubuh ketika sedang tidak makan secara terburu-buru akan meningkat.

Makan dengan perlahan akan memberikan waktu bagi otak untuk menerima serangkaian sinyal dari hormon yang dikeluarkan oleh saluran pencernaan. Kemudian, reseptor pada saraf pencernaan dapat langsung memberi sinyal pada otak melalui saraf vagus yang menghubungkan usus dan batang otak.

Nah, sinyal inilah yang biasanya akan dilepaskan saat makanan dicerna sebagian di usus kecil. Hormon cholecystokinin akan dikeluarkan oleh usus sebagai respon terhadap makanan yang dikonsumsi selama makan. Hormon inilah yang mampu membuat kamu merasa kenyang. Selain itu, hormon leptin yang dikeluarkan oleh sel lemak juga akan memperkuat sinyal untuk meningkatkan perasaan kenyang.

Dilansir dari laman Harvard Health Publishing, hormon leptin mampu berinteraksi dengan neurotransmitter dopamin yang berada di otak untuk menghasilkan perasaan senang setelah makan.

Akan tetapi, untuk memperoleh berbagai rangsangan dan interaksi ini, tubuh memerlukan waktu yang cukup banyak. Oleh karena itu, seseorang akan merasa lebih cepat kenyang apabila makan secara pelan. Sebab, otak, sistem saraf, serta hormon membutuhkan waktu untuk saling memengaruhi dan memberikan rangsangan.

Kesimpulannya, apabila kamu mengunyah makanan secara perlahan maka tubuh akan lebih cepat kenyang, sehingga otomatis kamu makan lebih sedikit kalori. Sedangkan, apabila kamu makan secara terburu-buru maka tubuh tidak bisa merespon hormon yang membuat rasa kenyang, sehingga kamu tetap merasa lapar meski baru makan.

Nah, sekarang bagaimana pengaruhnya terhadap berat badan?

Faktanya, lebih sedikit kalori yang dikonsumsi, maka risiko obesitas pun akan menurun. Bahkan, kamu bisa mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis bila diterapkan setiap hari.

Selain untuk membantu menurunkan berat badan, makan pelan juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dengan lebih maksimal, menjaga gigi tetap sehat dan membuat lebih tenang dan terkendali.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Acuh Tak Acuh, Ini 4 Zodiak yang Paling Cuek

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sejumlah orang memiliki sifat peka dari orang lainnya, dan sebagian lagi bisa jadi orang yang cuek dan acuh tak acuh. Memang kita tidak bisa memaksakan orang yang cuek menjadi orang yang peka. Karena sifat tersebut bisa jadi bawaan dari lahir. Bisa pula ditebak dari zodiaknya.

Berikut ini 4 zodiak yang dikenal paling cuek dan acuh tak acuh seperti dikutip dari fimela.

ARIES

Zodiak pertama yang dikenal cuek ialah Aries. Zodiak ini paling tak peduli omongan orang lain. Ia tak kenal menyerah dan berusaha bahkan sudah sering gagal dan kecewa. Semua hal itu tak menghentikannya. Ia sosok paling cuek, acuh, ambisius, kompetitif dan tak mempedulikan rasa malu, karena ia sadar itu hanya menghalanginya untuk mencapai kesuksesan. Jadi bisa dibilang, sikap cueknya sangat positif.

GEMINI

Orang berzodiak gemini mungkin cerewet, namun rupanya mereka juga sangat cuek karena ia sibuk mengejar mimpinya sendiri. Mereka tak perlu repot memikirkan pendapat orang lain karena mereka tak punya andil apa pun dalam hidupnya. Akan sulit bagi Gemini mencapai keinginan dan keberhasilan jika harus mempedulikan drama kehidupan orang lain. Gemini akan mengabaikan apa pun yang mungkin mengganggu jalannya.

SAGITARIUS

Sagitarius ialah zodiak yang selalu memandang hal positif dan indah saja dalam kehidupannya. Ia akan meninggalkan kenangan buruk di belakang dan tak mempedulikannya lagi. Sikap cueknya sangat perlu ditiru untuk hal ini, tapi ada kalanya hal tersebut membuat kesal karena ia jarang mendengar saran orang lain yang sebenarnya baik untuk dia lakukan, sedangkan apa yang ia pilih dan lakukan sangatlah berisiko.

AQUARIUS

Zodiak terakhir yang acuh tak acuh ialah aquarius. Yang membuat sosok Aquarius cuek dan acuh tak acuh yakni kemampuannya mengabaikan segala komentar yang diberikan padanya. Ketika semua itu tak sesuai keinginan dan kata hatinya, ia tak akan melakukannya.

Mereka tidak pernah mengikuti kemauan orang lain, kecuali jika kebetulan ia menginginkannya sendiri. Ia terkadang tampak dingin dan tanpa emosil tapi bukan berarti dia tak punya hati.

Itulah sekian zodiak yang paling cuek dan acuh tak acuh.

Continue Reading

Lifestyle

Harus Tahu, Ini Warna Baju Perempuan yang Dapat Memikat Pria

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Apakah Anda menyukai warna merah? Sebagian besar dari kita pasti memiliki baju berwarna merah di lemari kita. Mungkin juga diantara kita ada yang selalu menjatuhkan pilihan ke warna merah apabila bingung mau pakai baju warna apa.

Ternyata tanpa disadari, ada pria yang menganggap perempuan yang memakai baju warna merah lebih atraktif. Warna merah ternyata memiliki kaitan erat dengan lambang cinta dan gairah.

Dikutip dari huffpost.com, direktur eksekutif Color Association of the United States, Leslie Harrington, mengatakan bahwa hampir semua orang di seluruh dunia mengaitkan warna merah dengan lambang cinta. Harrington juga mengatakan soal kenyataan bahwa warna merah berkaitan dengan warna darah, yang juga berkaitan dengan hati sebagai simbol cinta.

Harrington menyebut, merah artinya api, merah artinya darah, merah artinya hati dan merah artinya cinta.

“Saat kita bergairah, tubuh kita akan membara dan terpikirkan warna merah.” Harrington juga mengungkapkan bahwa bila kita ingin terlihat seksi, maka pilihlah warna merah.

Berdasarkan sudut pandang fisiologis, Harrington mengatakan bahwa ketika orang melihat warna merah, tubuh mereka akan memberi reaksi fisik yang mirip dengan perasaan seseorang yang sedang jatuh cinta, seperti meningkatnya detak jantung.

“Ada hubungan emosi dan fisiologis yang terjadi, warna lainnya tak sekuat warna merah bila berkaitan dengan hubungan tersebut.” paparnya.

Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2010, dikutip dari Psychology Today, para penelti memperlihatkan gambar perempuan pada para pria dan meminta mereka menilai daya tariknya. Sebagian pria melihat foto perempuan memakai baju merah, sementara yang lain melihat perempuan memakai baju biru. Hasilnya, para pria mengungkapkan bahwa para perempuan yang memakai baju merah lebih memikat.

Dalam penelitian yang sama, para pria juga diperlihatkan foto perempuan dengan latar belakang warna berbeda-beda, yaitu merah, putih, abu-abu, dan hijau. Saat pria diminta mengungkapkan mana yang lebih atraktif, para pria mengakui bahwa foto dengan latar belakang merah tampak lebih atraktif.

Warna merah bisa menciptakan berbagai kesan. Dalam berbagai kesempatan, warna merah bisa menjadi simbol kekuatan, seksi, sensual, dan erotis. Tapi warna merah juga bisa jadi simbol keberanian dan kecantikan. Tergantung situasi yang ada, warna merah juga dapat memiliki banyak makna.

Continue Reading

Lifestyle

Ibu Menyusui, Coba Konsumsi Pepaya Muda untuk Perlancar ASI

Published

on

Ilustrasi Pepaya Muda

Geosiar.com, Lifestyle – Seorang ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya pasti akan sangat bahagia apabila produksi ASInya lancar.

Sebenarnya banyak sekali makanan yang dapat menjadi ASI booster. Salah satunya adalah buah-buahan. Buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI, yaitu pepaya muda alias pepaya hijau.

Pepaya muda atau pepaya hijau adalah salah satu buah terbaik yang diyakini sanggup meningkatkan produksi ASI. Pepaya hijau ini merupakan pepaya yang belum matang sempurna. Buah ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yakni 50% lebih banyak dibandingkan jeruk. Kandungan kalium ini sangat dibutuhkan ibu semasa menyusui.

Tak banyak yang tahu, pepaya hijau atau pepaya muda mempunyai banyak manfaat kesehatan
Mengonsumsi pepaya muda atau pepaya hijau akan membantu produksi ASI karena meningkatkan produksi hormon oksitosin. Hormon ini akan bisa meningkatkan suasana hati. Suasana hati yang baik akan membuat produksi ASI makin lancar dan melimpah.

Tak hanya itu, buah pepaya hijau mengandung berbagai vitamin penting seperti Vitamin A, B, C dan E. Pepaya hijau ini biasanya dikonsumsi sebagai lalapan dan ditemani berbagai lauk dan sambal yang lezat. Pepaya muda juga bisa dijadikan sayur asam yang segar.

Oleh karenyanya, untuk ibu yang sedang mencari makanan untuk ASI booster terbaik bisa banget mencoba buah pepaya muda ini ya. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu mommy. Selamat mencoba.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com