Connect with us

Lifestyle

Tak Disangka, Trik Ini Manjur untuk Turunkan Berat Badan

Published

on

Ilustrasi makan secara perlahan dapat menurunkan berat badan.

Geosiar.com, Lifestyle – Pernahkah kamu merasa masih lapar padahal baru saja makan dengan porsi biasa? Kalau pernah, mungkin itu dikarenakan kamu terlalu cepat hingga terburu-buru dalam mengunyah makananmu. Ahli kesehatan pun menyarankan agar makanan dikunyah 10 kali atau selama 32 detik sebelum ditelan

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal British Medical mengungkapkan fakta bahwa makan terlalu cepat dapat menimbulkan resiko obesitas tiga kali lebih besar. Oleh karena itu, seseorang disarankan untuk mengunyah makanan lebih banyak dan pelan setiap kali makan.

Selain itu, makan secara perlahan pun terbukti baik bagi kesehatan pencernaan dan yang terpenting adalah bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Untuk itu, kebiasaan makan pelan akan sangat cocok bagi kamu yang berniat untuk menurunkan berat badan, pastinya tanpa diet.

Akan tetapi, mengapa makan dengan perlahan bisa bikin cepat kenyang? Begini alasannya.

Jika kamu mengunyah makanan dengan perlahan, maka hal itu mampu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Sebab, kadar hormon antilapar yang diproduksi tubuh ketika sedang tidak makan secara terburu-buru akan meningkat.

Makan dengan perlahan akan memberikan waktu bagi otak untuk menerima serangkaian sinyal dari hormon yang dikeluarkan oleh saluran pencernaan. Kemudian, reseptor pada saraf pencernaan dapat langsung memberi sinyal pada otak melalui saraf vagus yang menghubungkan usus dan batang otak.

Nah, sinyal inilah yang biasanya akan dilepaskan saat makanan dicerna sebagian di usus kecil. Hormon cholecystokinin akan dikeluarkan oleh usus sebagai respon terhadap makanan yang dikonsumsi selama makan. Hormon inilah yang mampu membuat kamu merasa kenyang. Selain itu, hormon leptin yang dikeluarkan oleh sel lemak juga akan memperkuat sinyal untuk meningkatkan perasaan kenyang.

Dilansir dari laman Harvard Health Publishing, hormon leptin mampu berinteraksi dengan neurotransmitter dopamin yang berada di otak untuk menghasilkan perasaan senang setelah makan.

Akan tetapi, untuk memperoleh berbagai rangsangan dan interaksi ini, tubuh memerlukan waktu yang cukup banyak. Oleh karena itu, seseorang akan merasa lebih cepat kenyang apabila makan secara pelan. Sebab, otak, sistem saraf, serta hormon membutuhkan waktu untuk saling memengaruhi dan memberikan rangsangan.

Kesimpulannya, apabila kamu mengunyah makanan secara perlahan maka tubuh akan lebih cepat kenyang, sehingga otomatis kamu makan lebih sedikit kalori. Sedangkan, apabila kamu makan secara terburu-buru maka tubuh tidak bisa merespon hormon yang membuat rasa kenyang, sehingga kamu tetap merasa lapar meski baru makan.

Nah, sekarang bagaimana pengaruhnya terhadap berat badan?

Faktanya, lebih sedikit kalori yang dikonsumsi, maka risiko obesitas pun akan menurun. Bahkan, kamu bisa mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis bila diterapkan setiap hari.

Selain untuk membantu menurunkan berat badan, makan pelan juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dengan lebih maksimal, menjaga gigi tetap sehat dan membuat lebih tenang dan terkendali.

Lifestyle

Gemes! 5 Zodiak Ini Tipe Cemburuan

Published

on

Ilustrasi pasangan yang tengah cemburu.

Geosiar.com, Lifestyle – Sifat cemburu pada dasarnya dimiliki setiap orang. Orang bilang cemburu itu tandanya sayang dan pertengkaran yang disebabkan karena kecemburuan antara pasangan kekasih sering disebut sebagai bumbu dalam sebuah hubungan percintaan. Kadang, sifat cemburuan dari pasangan sering dianggap menggemaskan.

Dikutip dari laman yourtango.com, ternyata sifat cemburu bawaan bisa diprediksi dari zodiak lo. Penasaran? Simak ulasan beriku ini.

Scorpio

Scorpio adalah zodiak yang paling cemburuan. Mereka yang berzodiak ini mudah curiga dan tidak nyaman dengan pasangannya dekat dengan orang lain, apalagi lawan jenis. Pemilik zodiak ini memiliki kekhawatiran berlebihan mengenai hubungannya dengan pasangannya. Tapi, Scorpio sangat setia pada pasangannya lo.

Virgo

Virgo juga termasuk zodiak yang mudah cemburu. Kalau cemburu, virgo bisa melakukan berbagai hal di luar kendalinya. Ketika cemburu virgo akan langsung mengatakannya ke pasangannya dan bertanya apa yang diinginkan pasangannya darinya. Virgo terkadang hilang kendali dan gugup saat cemburu. Bahak, ia tak segan mengakhiri hubungan dengan pasangannya kalau dia sudah cemburu berat.

Leo

Ketika telah menemukan seseorang yang tepat, leo akan menjaga orang tersebut dengan sebaik mungkin. Leo tak akan pernah melepaskan orang yang dicintainya. Pemilik zodiak ini sangat mudah cemburu pada seseorang yang telah membuat hatinya luluh. Sangat mudah membuat Leo cemburu jika perhatian pasangannya teralihkan ke hal lain selain dirinya. Ia harus terus disirami rasa cinta agar tidak mudah cemburu.

Aries

Mereka yang berzodiak aries juga termasuk zodiak yang mudah cemburu. Meski mudah cemburu, aries begitu pandai menyembunyikan kecemburuan tersebut. Sebab, saat cemburu, Aries kerap tidak bisa ditanya.

Cancer

Hati-hati, Cancer cenderung tiba-tiba menjauhkan diri dari pasangan saat cemburu. Mereka juga tipe baper-an. Segala sesuatu akan dimasukkan hati oleh cancer. Karakternya yang begitu mudah tersentuh membuat cancer mudah dihantui rasa cemburu dan curiga.

Continue Reading

Lifestyle

Sabar! PDKT dengan 4 Zodiak Ini Butuh Waktu Lama

Published

on

Ilustrasi pasangan selebritis Korea Selatan.

Geosiar.com, Lifestyle – Demi mendapatkan pasangan ideal, setiap orang pasti melakukan pendekatan alias PDKT terlebih dulu. Masa PDKT ini paling memerlukan kesabaran yang ekstra sebab tak semua orang mudah untuk membuka hatinya.

Percaya atau tidak, karakter orang seperti ini bisa dilihat melalui zodiaknya. Jika si doi masuk dalam empat zodiak ini maka kamu harus bersabar sebab mereka sulit untuk membuka hati. Berikut empat zodiak yang butuh waktu lama untuk mencintai seseorang mengutip Elite Daily, Kamis (14/11/2019).

VIRGO

Sifat Virgo yang jeli, teliti dan peduli terhadap setiap detail yang membuatnya susah mendapatkan cinta. Selain itu, Virgo kerap menyangkal perasaan mereka hingga akhirnya sampai di suatu titik baru mau mengakui. Mereka selalu punya banyak alasan untuk menolak dan punya kriteria tinggi untuk pasangannya. Mereka juga tipe pemilih dan cukup pemalu, dan sengaja tak membiarkan orang dengan mudah mendapatkan hatinya.

SCORPIO

Scorpio sebenarnya tipe yang setia, tapi masalahnya mereka tak mudah mempercayai orang lain. Sosok ini penuh perhitungan, sebelum membuka hati ia harus yakin orang tersebut bisa dipercaya. Orang yang jatuh cinta kepadanya pun harus sepenuhnya menunjukkan rasa cinta. Jika setengah-setengah, jangan harap Scorpio menerima orang tersebut jadi pasangannya.Namun, bila seseorang menunjukkan rasa cinta yang murni, nyata, dan tidak terburu-buru, Scorpio mau membuka hatinya.

AQUARIUS

Aquarius yang mencintai kebebasan dan suka petualangan membuat dirinya sering menjaga jarak jika seseorang mulai mendekati. Sebab, mereka tak ingin merelakan kebebasannya terenggut. Bagi Aquarius, butuh waktu untuk merasa nyaman dengan seseorang. Sebab, Aquarius butuh pembuktian secara berkala dan terus-menerus agar ia bisa pada akhirnya membiatkan pintu hatinya terbuka.

TAURUS

Orang berzodiak Taurus lebih suka perubahan yang terjadi secara perlahan-lahan daripada sesuatu yang mengejutkan. Termasuk saat jatuh cinta. Bagi Taurus, harus memastikan orang yang disukai benar-benar terbaik untuknya. Jika hidup selama ini sudah berjalan baik, ia tak akan mengambil risiko dengan perasaan mereka.

Continue Reading

Lifestyle

Payudara Sering Gatal? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Published

on

Ilustrasi mengenai kesehatan organ payudara.

Geosiar.com, Lifestyle – Payudara gatal di waktu tertentu mungkin menjadi hal umum bagi sebagian wanita. Gatal pada payudara biasanya terjadi karena alasan yang sama seperti gatal di area lain seperti stimulasi ujung saraf. Seringkali rasa gatal di payudara ini bukan dikarenakan oleh penyakit kulit atau semacamnya, namun karena beberapa penyebab lainnya.

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (13/11), berikut ini adalah beberapa alasan masuk akal mengapa payudara seringkali terasa gatal. Penasaran?

Perubahan hormon

Ketika menstruasi atau adanya kenaikan berat badan, hormon bisa berubah. Dan perubahan hormon ini juga bisa memberi pengaruh terhadap area kewanitaan tak terkecuali payudara. Payudara akan terasa gatal meski tak ada benjolan atau lainnya.

Suhu lingkungan

Perubahan suhu sekitar juga bisa menyebabkan kulit kering pada payudara dan membuatnya gatal. Terkena keringat setelah olahraga juga bisa membuat payudara gatal karena bakteri.

Memiliki eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kering, gatal, dan radang yang muncul sebagai ruam merah. Jika Anda seringkali mengalami gatal pada payudara sesaat, eksim bisa menjadi penyebabnya

Kulit kering

Kulit kering pada payudara akan menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Kulit kering akan membuat permukaan areola dan puting mengelupas atau pecah-pecah dan bukan hanya gatal, tapi juga pedih. Oleskan pelembab agar tidak gatal, jangan digaruk.

Pertumbuhan

Beberapa perempuan akan mengalami beberapa fase pertumbuhan seperti misalnya pubertas, hamil dan menyusui. Pada fase-fase ini, payudara mengalami pertumbuhan sehingga ukuran payudara lebih besar, dan proses ini seringkali menimbulkan kulit gatal.

Kanker payudara

Pada kasus tertentu, payudara (terutama area puting dan areola) gatal bisa jadi gejala kanker karena jaringan payudara mengalami inflamasi atau peradangan. Terkadang diikuti gejala lain seperti panas dan bengkak.

Itulah beberapa penyebab payudara gatal. Ketahui apa penyebabnya dan jangan ragu memeriksakannya ke dokter jika gatal tak kunjung mereda.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com