Connect with us

Dunia

Hong Kong Mengaku Tetap Lanjutkan RUU Ekstradisi Meski Didemo

Published

on

Geosiar.com, Hong Kong – Pemimpin Hong Kong yang pro-Beijing, Carrie Lam, meyakinkan bahwa pemerintahannya tidak akan mengurungkan soal pembahasan rancangan undang-undang (RUU) mengenai ekstradisi ke China walaupun jutaan warga sudah melakukan aksi protes.

“Ini adalah hukum yang sangat penting yang akan membantu penegakan keadilan dan memastikan Hong Kong memenuhi kewajiban internasional terkait kejahatan lintas batas dan transnasional,” jelas Lam seperti dilansir AFP, Senin (10/6/2019).

Hong Kong saat ini memang tengah mematangkan aturan yang memungkinkan proses ekstradisi ke manapun, termasuk China.

Proposal aturan ini menyulut amarah warga setempat sebab khawatir akan sistem pengadilan China yang berulang kali bias dan dipolitisasi.

Amarah publik mencapai pucuk hingga mereka melangsungkan aksi unjuk rasa besar-besaran yang berujung ricuh pada Minggu (9/6/2019).

Sepanjang malam, mereka meneriakkan yel-yel anti-China dan mendesak agar Lam membatalkan RUU itu, selanjutnya mengundurkan diri.

Pihak koordinator demonstrasi menyatakan bahwa aksi ini merupakan unjuk rasa terbesar sejak 1997, ketika warga setempat menolak penyerahan Hong Kong ke China.

Walaupun sudah didesak sekumpulan demonstran, Lam kembali menegaskan bahwa RUU itu akan terus ditindaklanjuti dan akan dibahas lagi dalam rapat parlemen pada Rabu (12/6/2019) mendatang.

Lam menyangkal bahwa ia mengabaikan amarah warga. Ia malah memastikan bahwa pemerintahannya akan menggodok RUU itu sedemikian rupa agar kebebasan Hong Kong dari China tetap terlindungi, juga sesuai dengan standar internasional.

“Saya dan tim saya tak pernah mengabaikan pandangan mengenai hukum yang sangat penting ini. Kami terus mendengarkan dan mendengarkan dengan seksama,” imbuhnya.

Dunia

Pesawat Jatuh Hantam Rumah Warga di Kolombia, 7 Orang Tewas

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Popayan – Sebuah pesawat kecil jatuh di Popayan, Kolombia barat daya pada Minggu (15/9/2019) waktu setempat. Akibat peristiwa itu, tujuh dari sembilan penumpang tewas.

Dilansir AFP, pemadam kebakaran menyebut tiga orang mengalami luka parah. Salah satunya ialah seorang anak yang merupakan warga setempat.

“Sembilan orang berada di dalam pesawat. Tujuh tewas, sementara dua lainnya luka parah,” ungkap komandan pemadam kebakaran setempat, Juan Carlos Ganan.

Wali Kota Popayan Cesar Gomez menyatakan, kini dua penumpang terluka menjalani perawatan di rumah sakit.

Berdasarkan Reuters, pesawat jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara Popayan. Pesawat tujuan Lopez de Micay itu jatuh sekitar pukul 14.00.

Menurut foto-foto di media sosial, tampak puing-puing pesawat berserakan di atas rumah penduduk. Gomez mengaku sudah membentuk kelompok kerja untuk membantu warga yang terkena dampak.

Popayan adalah sebuah kota berpenduduk sekitar 270.000 yang dikelilingi oleh pegunungan.

Otoritas penerbangan sipil Kolombia mengungkapkan, dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya tengah menyelidiki penyebab dari insiden itu.

Continue Reading

Dunia

Presiden Jerman Ungkapkan Kesedihan atas Wafatnya BJ Habibie

Published

on

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier

Geosiar.com, Jerman – Wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie, menuai duka yang mendalam bagi Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier. Melalui keterangan tertulis, Steinmeier, mengungkapkan belasungkawa kepada Presiden RI Joko Widodo dan masyarakat Indonesia atas meninggalnya mantan BJ Habibie.

“Saya sangat sedih mengetahui kabar kematian Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Izinkan saya menyampaikan belasungkawa dan simpati kepada keluarga yang ditinggalkan dan teman-teman Habibie serta seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Steinmeier, Jumat (13/9/2019).

Steinmeier menyebut, Habibie merupakan sosok yang mengabdi kepada seluruh hidupnya pada negaranya dan membuat sebuah kontribusi luar biasa pada Indonesia. Dirinya membuka jalan bagi demokrasi di Indonesia.

Habibie juga dikenal bekerja secara khusus untuk menumbuhkan koeksistensi damai antara agama dan budaya, sikap saling menghormati sebagai motivasi dan arah bagi setiap tindakannya.

Steinmeier mengakui Presiden Habibie memiliki hubungan yang sangat dalam dengan Jerman dan budayanya serta tradisi negaranya yang telah menjadi rumah kedua baginya.

“Sejak hari-hari dia menjadi mahasiswa di kota Aachen, Habibie telah mempertahankan kedekat dengan negara kami. Dia punya banyak teman di sana. Jerman berutang banyak padanya,” ungkap Steinmeier.

Steinmeier menambahkan, Habibie sudah membuat banyak pencapaian luar biasa dan melakukan lebih dari siapapun untuk mendekatkan dan menjalin hubungan baik Indonesia-Jerman serta masyarakat di kedua negara. Jerman pun mengaku dengan senang hati memberikan penghargaan Grand Cross 1st Class of the Order of Merit Republik Feredal Jerman.

Continue Reading

Dunia

Duta Besar Ukraina Ucapkan Belasungkawa atas Wafatnya BJ Habibie

Published

on

Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie

Geosiar.com, Jakarta – Kedutaan Besar Ukraina mengaku turut merasakan dukacita yang sangat mendalam atas kepergian Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie yang tutup usia pada Rabu, 11 September 2019.

Duta Besar Ukraina, Volodymyr Pakhil, mengatakan pihaknya ikut merasakan kemalangan yang dirasakan masyarakat Indonesia atas berpulangnya Habibie.

“Saya merasakan kehilangan yang sangat besar bagi Indonesia atas meninggalnya orang hebat ini,” katanya.

Pakhil menyebut, Habibie patut dijadikan teladan dan contoh oleh masyarakat Indonesia, khususnya anak muda sebagai penerus bangsa Indonesia. Dia mengatakan, Habibie juga terkenal di kalangan masyarakat Ukraina.

Habibie semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang cerdas dan religius. Habibie menjalani pendidikan tinggi di Jerman selama 10 tahun dengan mendalami bidang teknik penerbangan, hingga akhirnya berhasil menciptakan pesawat N250.

Di sisa hidupnya, Habibie ternyata juga tengah mempersiapkan pesawat R80 yang sekarang masih dalam proses penyelesaian.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com