Connect with us

BMKG

Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Bali, Tak Berpotensi Tsunami

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Bali – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,1 terjadi di Karangasem, Bali, pagi ini, Sabtu (8/6/2019). Pusat gempa berada di laut.

Informasi yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 05.51 WIB. Pusat gempa berjarak 29 km sebelah tenggara Karang Asem.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan mengatakan episenter gempa berada di koordinat 8,43 LS dan 115,77 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29 km Tenggara Wilayah Karangasem, Bali pada kedalaman 26 Km.

Ia mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, bencana yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Sementara dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Barat II SIG-BMKG (III MMI) dan Kota Amlapura, Klungkung, Mataram I SIG-BMKG (II MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” imbaunya.