Connect with us

Lifestyle

Jangan Minum Kopi di Waktu yang Salah Selama Libur Lebaran

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ngopi merupakan salah satu senjata ampuh untuk mengembalikan semangat dalam diri setelah melalui padatnya rutinitas bersilaturahmi selama lebaran.

Dikutip dari Journal of Environment Psychology, para peneliti menyatakan bahwa aroma kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuat tubuh lebih bersemangat. Tak hanya itu, dengan menghirup aroma kopi juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Akan tetapi, minum kopi sembarangan juga dapat meningkatkan risiko pada kesehatan.

Oleh karenanya, sebaiknya kenali dulu cara meminum kopi dengan baik. Berikut tipsnya di bawah ini seperti dilansir dari tempo.co.

Batasi konsumsi empat gelas per hari

Dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, Executive Director of the International Life Sciences Institute Eric Hentges, menyebutkan batas aman mengonsumsi kafein adalah 400 miligram per hari. Jumlah ini artinya sekitar 2-3 cangkir kopi jika Anda memesan di kafe, atau 4 cangkir kopi bikinan sendiri. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kegelisahan, sulit tidur, hingga gagal jantung.

Imbangi dengan minum air putih yang cukup

Kafein dalam kopi memiliki efek diuretik yang mengeliminasi lebih banyak air dari dalam tubuh Anda ketimbang meminum air putih biasa. Pernahkah Anda merasa ingin buang air kecil sesaat setelah meminum kopi? Atau menjadi lebih sering buang air kecil? Itu adalah beberapa tanda bahwa kopi memiliki efek diuretik pada tubuh Anda. Sebab itu, sebaiknya imbangi dengan meminum air putih yang cukup.

Hindari menambahkan gula, krimmer, atau sirup ke dalam kopi

Selalu pertimbangkan jumlah gula, atau sirup, dan krimer yang masuk ke tubuh Anda lewat mengonsumsi secangkir kopi. Waspadai risiko diabetes yang mengintai setiap kali menambahkannya ke dalam kopi Anda. Meminum kopi tanpa menambahkan gula atau sirup dan krimer lebih baik.
Namun, jika Anda ingin mengonsumsi dengan gula, gantilah dengan gula aren yang nilai gizinya lebih baik dan memiliki indeks glikemik lebih rendah. Pilih juga krimer yang terbuat dari bahan-bahan nabati.

Pilih waktu terbaik

Mengonsumsi kopi setelah bangun tidur tidak baik bagi kesehatan. Lyndi Cohen, nutrisionis asal Australia, mengatakan kafein mempengaruhi produksi kortisol tubuh. “Saat bangun tidur di pagi hari, hormon kortisol Anda sedang memuncak,” kata dia. Hormon kortisol ini diproduksi ketika tubuh mengalami stres. Akibatnya jika meminum kopi di pagi hari adalah ketergantungan atau kecanduan kafein dalam kopi agar lebih berenergi.

Pastikan sedang tidak mengonsumsi obat apa pun

Kafein dalam kopi juga dapat berinteraksi dalam obat-obatan, dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh Anda. Oleh karena itu, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terkait interaksi kopi dengan obat-obatan yang Anda konsumsi saat ini. Tetapi, sebaiknya memang tidak meminum kopi sama sekali saat Anda sedang di bawah pengaruh obat.