Connect with us

Nasional

Sambut Lebaran, Jokowi Gelar ‘Open House’ di Istana Presiden Jakarta

Published

on

Presiden Joko Widodo saat menyalami masyarakat umum dan pejabat negara dalam acara open house Idul Fitri di Istana Bogor, Jumat (15/6/2018).

Geosiar.com, Jakarta – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah pada Rabu, 5 Juni 2019 besok, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal menggelar open house di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Budi menyampaikan bahwa open house akan dilaksanakan dalam dua sesi yakni pada pukul 09.00-10.00 WIB dan pada pukul 10.00-12.00 WIB.

“Jadi paling lambat, jam 12.30 WIB itu sudah selesai karena Pak Presiden ada acara berikutnya,” tutur Heru di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (4/6/2019).

Pada sesi pertama, kata Heru, akan mempersilahkan para pejabat negara kemudian di sesi kedua baru akan diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Heru mengatakan, bagi masyarakat yang hendak bersalaman langsung dengan Jokowi telah disiapkan tenda di sekitar Monas. Tenda itu digunakan sebagai tempat mununggu antrean saat akan bersalaman dengan Sang Presiden.

“Intinya open house untuk umum jam 10.00 WIB-12.00 WIB. Dan tahapannya sterilisasi di Monas, disiapkan tenda tunggu. Baru masuk ke Setneg untuk menunggu giliran salaman,” papar Heru.

Selain itu, pihak Istana telah menyiagakan sejumlah unit bus untuk mengantar masyarakat dari Monas menuju kawasan Istana.

“Kami sewa 10-15 bus ukuran 3/4 untuk hilir mudik peserta. Jadi nanti masuk di Setneg, di Istana sudah steril. Di Monas nanti diangkut dan dimasukkan ke Istana secara bertahap,” sambungnya.

Heru memprediksi jumlah masyarakat yang hadir selama 3 jam open house tersebut sekitar 3.000-an orang. “Kalau hitungannya tiga jam, ya kurang lebih ada 3 ribuan masyarakat,” lanjutnya.

Seperti di tahun sebelumnya, Jokowi telah menggelar open house di Istana Presiden Jakarta pada 2017. Sementara, pada tahun 2018, open house digelar di Istana Presiden Bogor.