Connect with us

Dunia

Kunjungi Inggris, Trump Sebut Wali Kota London Tak Kompeten

Published

on

Presiden AS Donald Trump dan sang istri, Melania bersama Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, Senin (3/6/2019). (Foto: @realDonaldTrump)

Geosiar.com, London – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut Wali Kota London, Sadiq Khan merupakan orang tidak kompeten. Hal ini dikatakan Trump dalam cuitan akun Twitternya.

Dilansir dari Kantor Berita AFP, Trump mengunggah cuitan itu sebelum pesawatnya mendarat di Inggris. Trump beserta sang istri, Melania, menerima tawaran jamuan makan siang pribadi dari Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham. Keduanya akan diperlakukan bak tamu kehormatan.

Dalam cuitan twitternya, Trump menyampaikan bahwa Khan telah melakukan pekerjaan buruk untuk London dan mencapnya sebagai pecundang sejati.

“Khan mengingatkan saya pada kebodohan dan tidak kompetennya Wali Kota New York (Bill) de Blasio, yang juga telah melakukan pekerjaan buruk – hanya setengah tingginya. Pada kejadian apapun, saya mengharapkan menjadi teman sejati buat Inggris,” tulis Trump pada unggahan Twitter seperti dilansir pada Selasa (4/6/2019).

Sebelumnya, Trump ternyata menuai kritik pedas dari Khan lewat artikel yang ditulisnya pada surat kabar. Artikel itu berisi tentang komparasi antara Trump dengan diktaktor Eropa dari era 1930 – 1940. Khan mengatakan bahwa pimpinan AS itu merupakan ancaman global.

‘Donald Trump hanyalah salah satu contoh paling mengerikan dari ancaman global yang tengah berkembang,” tulis Khan.

Di sisi lain, kunjungan Trump ke Inggris dilakukan saat Inggris masih dipusingkan dengan Brexit. AS dan Inggris memilih ‘hubungan spesial’ akan teteapi saat ini sedang berada di bawah tekanan karena sejumlah perbedaan.

Sementara itu, kunjungan Trump ini menuai protes besar dari masyarakat Inggris. Bahkan, para pemimpin partai oposisi utama Inggris dan ketua parlemen berupaya memboikot perjamuan negara tersebut.