Connect with us

Lifestyle

6 Hal yang Perlu Diingat Agar Mudik Lancar dan Aman

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Mudik merupakan tradisi bagi sebagian besar masyarakat menjelang Lebaran. Perjalanan mudik menuju kampung halaman adalah aktivitas yang terkadang dianggap membosankan bagi sebagian orang. Terutama bagi pengendara yang melakukan perjalanan saat sedang melakukan puasa.

Walaupun jenuh, setiap pengendara harus mematuhi aturan berkendara supaya perjalanan mudik Lebaran menjadi aman dan lancar. Dikutip dari cantika.com, berikut ini imbauan berkendara menurut Kepala Shift Layanan Jalan Tol Jasa Marga Mansur Hidayat agar perjalanan mudik menjadi aman.

  1. Hindari kantuk
    Kantuk adalah salah satu kondisi yang tidak bisa dihindari ketika pengendara sedang kelelahan. Tetapi perlu diantisipasi dengan tidur atau istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.
  2. Istirahat cukup
    Istirahat cukup sehingga tubuh kembali bugar adalah salah satu langkah antisipasi paling penting sebelum berkendara.
  3. Jaga kondisi kendaraan
    Selain menjaga kondisi tubuh, pengendara juga perlu menjaga kondisi kendaraannya agar tidak menemui masalah kerusakan saat berada di tengah jalan.
  4. Jaga jarak aman
    Menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan juga perlu diperhatikan supaya pengendara tidak terkena masalah dengan pengendara lain.
  5. Sesuaikan kapasitas muatan
    Jika kapasitas kendaraan hanya cukup memuat 4-5 orang, jangan memaksakan diri untuk memuat 9-10 orang karena akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan penumpang.
  6. Bawa kelengkapan surat berkendara
    Periksalah dan lengkapi juga surat-surat berkendara yang perlu dibawa sebelum berkendara agar tidak terkena tilang di jalan.

Jadi, sudah siapkah anda melakukan perjalanan mudik Lebaran?