Connect with us

Dunia

Jelang Lebaran, Rudal Israel Masih Hujani Suriah

Published

on

Ilustrasi serangan rudal.

Geosiar.com, Suriah – Tak ada kondisi damai yang dirasakan warga Suriah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 ini. Pasalnya, militer Israel kembali menggencar lini pertahanan udara Suriah dengan sejumlah serangan rudal dalam 24 jam terakhir mulai Minggu (2/6/2019) malam.

Hal ini dilaporkan oleh kantor berita lokal SANA yang dilansir dari CNN pada Senin (3/6/2019). SANA melaporkan bahwa Suriah menuding Israel telah melakukan serangan kedua yang menargetkan pertahanan udara di Provinsi Homs setelah serangan pertama berhasil mendarat pada pos di Damaskus bagian selatan selang beberapa jam.

“Pertahanan udara kami menahan agressi Israel dan menghancurkan dua peluru kendali yang menargetkan landasan T-4,” demikian keterangan seorang pejabat militer Suriah kepada kantor berita SANA pada Minggu malam.

Kedua serangan itu menewaskan lima orang di Provinsi Homs dan 10 orang di Damaskus. Tak hanya itu, Rudal tersebut telah melukai dua orang lainnya, serta merusak gudang persenjataan.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa serangan Israel pada Minggu (2/6) malam itu merupakan aksi balas dendam. Menurutnya, rudal dari Suriah sudah terlebih dahulu mengusik ketenangan Israel pada Sabtu (1/6) malam.

Suriah menembakkan dua rudal dari Gunung Hermon yang terletak di Dataran Tinggi Golan. Seperti diketahui, mayoritas Dataran Tinggi Golan saat ini telah diduduki warga Israel.

“Kami tidak akan mentoleransi serangan pada wilayah kami dan akan merespons agresi apapun dengan keras,” tegas Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dilansir CNN, Senin (3/6/2019).