Connect with us

Sumut

Pemko Tebing Tinggi Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Published

on

Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zanaidi Hasibuan Bersama Jajaran Pemko Tebing Tinggi di Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2019). (Foto: WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melaksanakan  upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Sabtu, 1 Juni 2019 di halaman Kantor Balai Kota Tebing Tinggi.

Upacara peringatan Pancasila ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Tebing Tinggi, Ir H Umar Zunaidi Hasibuan, MM yang berperan sebagai inspektur upacara.

Upacara itu turut dihadiri Wakil Wali Kota Tebing Tinggi, Sekdako Tebing Tinggi, Asisten, Staf Ahli, Para OPD, Kepala Bagian, Camat dan Lurah,  serta seluruh ASN se- Kota Tebing Tinggi.

Dalam upacara itu, Wali Kota Tebing Tinggi membacakan pidato edaran dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Pidato tersebut menceritakan mengenai makna ideologi Pancasila yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga bisa memperkuat kedaulatan NKRI.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif, sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus terus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus,” tutur Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan saat membacakan pidato dalam upacara.

Kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan akan semakin memperkokoh konsep dan keyakinan terhadap Tanah Air Indonesia. Di mana Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa yang merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Bangsa Indonesia

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesia-an baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila,” seru Wali Kota.

Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, di mana sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selalu berpesan agar memperingati dan merayakan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni. sebab, hal itu merupakan suatu keniscayaan dalam mengenang momentum sejarah, di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental Bangsa Indonesia sebagai dasar negara, sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa, yakni Indonesia.

“Terakhir, beliau mengajak kita untuk bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.” tandas Wakil Wali Kota.