Connect with us

pemilu 2019

Terima Hasil Audit LPPDK Peserta Pemilu 2019, KPU Tak Langsung Umumkan ke Publik

Published

on

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima hasil audit Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) peserta Pemilu 2019. (Foto: Suara.com)

Geosiar.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima hasil audit Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) peserta Pemilu 2019 dari Kantor Akuntan Publik, Jumat (31/5/2019).

“Audit tersebut telah dilakukan kantor akuntan publik dan telah kita terima sebelum salat Jumat,” tutur Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Kendati demikian, KPU belum akan mengumumkan hasil audit tersebut kepada publik. Sebab, kata Ilham, hasil audit akan terlebih dulu diserahkan kembali kepada peserta pemilu. KPU mempunyai waktu maksimal 10 hari untuk mengumumkannya.

“Tanggal 1-10 pengumuman, 1-7 kita serahkan ke peserta pemilu. Jadi pengumuman 10 hari,” jelas Ilham.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya akan menyerahkan hasil audit tersebut ke peserta Pemilu usai salat Jumat. Arief menyebut, hasil audit itu berisi tentang kepatuhan dana kampanye oleh peserta pemilu.

“Isinya audit tentang kepatuhan dana kampanye, kepatuhan itu kepatuhan terhadap aturan dilaporkannya tepat waktu atau tidak. Sumber-sumber yang diperoleh itu sesuai ketentuan atau tidak, jumlah penerimaan pembelanjaan sesuai ketentuan atau tidak, jadi itu aja” jelas Arief.

Proses audit tersebut dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik setelah seluruh peserta Pemilu 2019 menyerahkan secara lengkap LPPDK-nya ke KPU pada 27 April lalu.